Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seleksi CPNS 2024 Molor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 29 Juli 2024, 19:54 WIB
Seleksi CPNS 2024 Molor
Pendaftaran CPNS di portal Badan Kepegawaian Negara (BKN)/RMOL
rmol news logo Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sebelumnya dijadwalkan bulan Juni 2024 mundur ke bulan Agustus 2024.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, saat ini sejumlah kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah belum mengajukan formasi yang dibutuhkan.

"Kami masih menunggu, ada K/L dan Pemda yang belum mengusulkan (formasi CPNS). Verifikasi (formasi) CPNS sudah sudah 97 persen, insyaallah sekitar Agustus (diumumkan) untuk rekrutmen," kata Anas pada Senin (29/7).

Usulan formasi CPNS nantinya harus melewati proses verifikasi untuk menghindari ketidaksinkronan data. Proses inilah yang akan memakan waktu tambahan.

Anas mencontohkan, misalnya Kemenpan RB meminta formasi posisi auditor di posisi tertentu, tetapi yang diajukan instansi terkait formasi tenaga teknis.

"Padahal, tenaga teknis sudah kita kurangi karena nanti terdisrupsi digital. Di situlah kita perlu verifikasi yang diusulkan pemda dan K/L agar sesuai arahan Presiden Joko Widodo," jelasnya.

Seleksi CPNS ini awalnya dibuka pada Juni 2024 lalu, namun kemudian mundur ke Juli hingga ke Agustus 2024 ini. 

Adapun total posisi yang dibuka mencapai 1,28 juta untuk memenuhi kebutuhan 2,3 ASN secara nasional, termasuk 60 ribu penempatan di IKN Nusantara. Kebutuhan ini rencananya bakal dipenuhi secara bertahap.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA