Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ukraina Tegas Tolak Usulan NATO untuk Menyerah pada Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 16 Agustus 2023, 23:15 WIB
Ukraina Tegas Tolak Usulan NATO untuk Menyerah pada Rusia
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky ketika berbicara selama KTT NATO di Vilnius/Net
rmol news logo Peta jalan damai yang diajukan oleh staf Sekretaris Jenderal NATO, Stian Jenssen mendapat penolakan keras dari pemerintah Ukraina.

Pasalnya, staf NATO itu menyarankan agar Ukraina menyerahkan wilayah yang diduduki Rusia untuk mengakhiri perang.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Ukraina, Oleh Nikolenko jelas-jelas menolak usulan Jensses dan menilainya sebagai pro-Rusia.

"Ukraina tidak akan pernah memperdagangkan wilayahnya. Usulan semacam itu memperlihatkan bahwa NATO seperti berpihak pada Rusia," tegasnya dalam postingan di Facebook, seperti dimuat Radio Free Europe pada Rabu (16/8).

Sejalan dengan Nikolenko, Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Ukraina Oleksiy Danilov juga melontarkan kritikan yang sama.

Danilov menyebut komentar staf NATO sebagai langkah yang aneh, terlebih selama ini organisasi pertahanan itu menyatakan dukungannya secara terus menerus untuk Ukraina.

"Sama sekali tidak jelas mengapa ini dilakukan," ujarnya.

Selama diskusi panel di Arendal, Norwegia pada Selasa (15/8), Jenssen berkomentar bahwa penyerahan wilayah bisa menjadi solusi yang memungkinkan untuk menyelesaikan konflik.

Menurut Jenssen, Rusia nampak meningkatkan serangan militernya, sehingga sangat tidak realistis jika Ukraina berusaha memperluas pembebasan wilayahnya.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di KTT Vilnius pada Juli lalu menegaskan komitmen negaranya untuk membebaskan seluruh wilayahnya dari Rusia.

Pejabat NATO belum berkomentar secara terbuka atas pernyataan Jenssen, tetapi beberapa pejabat NATO yang tidak ingin disebutkan namanya, mengaku akan mendukung penuh kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA