Kepolisian Negara Republik Indonesia
HEAD POLRI

Begini Kesiapan Korlantas Polri Hadapi Arus Mudik Tahun Baru Islam

Kakorlantas Irjen Istiono (kedua kanan)/Net

Korps Lalu Lintas Polri memprediksi masyarakat akan memanfaatkan libur panjang tahun baru Hijriyah 1442 untuk mudik dan mengunjungi tempat wisata.

Diperkirakan akan ada peningkatan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan. Terutama dari Jakarta dan sekitarnya menunju Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung.

"Diperkirakan peningkatan arus mudik ini disebabkan libur tahun baru Hijriyah 1442 berdekatan dengan long weekend, liburnya Kamis (20/8) sampai Minggu (23/8)," kata Kakorlantas Irjen Istiono, Rabu (19/8).

Kakorlantas meminta petugas di lapangan untuk mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas para pemudik. Ini penting agar tidak menyebabkan kemacetan panjang. Terutama untuk mewaspadai jalur tol dan arteri.

Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan, Istiono memerintahkan untuk menerapkan contra flow atau buka tutup jalan di area yang dipadati kendaraan pemudik. Ia memprediksi bahwa Rabu malam (19/8) menjadi puncak mudik, sedangkan arus baliknya akan terjadi Minggu (23/8).

Dikatakan, untuk pengamanan saat libur panjang ini, Korlantas Polri telah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan.         

Salah satu hasil kesepakatan antara Polri dan Ditjen Hubdar adalah melarang truk barang untuk melintas di jalan tol yang sudah ditetapkan saat libur panjang.

Pihaknya juga meminta pengelola jalan tol untuk menyiapkan rest area bagi para pengguna jalan bebas hambatan yang dilintasi. Hal tersebut untuk mencegah adanya penumpukan masyarakat di dalam lokasi rehat bagi kendaraan dan pengemudi.               

“Saya perintahkan ke jajaran apabila rest area sudah penuh kita tutup. Jadi tidak ada antrean di sana. Ini sudah kita koordinasikan dengan Dirlantas dan Kemenhub dengan pengelola tol,” tegasnya.                       

Kakorlantas menambahkan, untuk pengamanan lalu lintas saat libur panjang ini, Polri akan mengerahkan sepertiga pasukan yang ada yang akan ditempatkan di masing-masing wilayah. Ini hanya operasi rutin yang kita tingkatkan sebagai upaya antisipasi.

Artikel Lainnya

Berkas Lengkap, Perkara Dangdutan Wakil Ketua DPRD Tegal Segera Disidang

Berkas Lengkap, Perkara Dangdu..

Selasa, 20 Oktober 2020
Polisi Tangkap Admin Medsos STM Yang Serukan Demo Rusuh Setahun Jokowi

Polisi Tangkap Admin Medsos ST..

Selasa, 20 Oktober 2020
Jaga Kondusivitas, Polri Ajak Humas Pemerintah Kerjasama Konter Isu Negatif

Jaga Kondusivitas, Polri Ajak ..

Selasa, 20 Oktober 2020
Polri Benarkan Datangi Ahmad Yani Tadi Malam

Polri Benarkan Datangi Ahmad Y..

Selasa, 20 Oktober 2020
Demo Setahun Jokowi, 10.587 Personel Diturunkan Jaga Istana Hingga Mall

Demo Setahun Jokowi, 10.587 Pe..

Selasa, 20 Oktober 2020
Polri Imbau Pendemo Tak Bikin Rusuh Dan Waspadai Penyusup

Polri Imbau Pendemo Tak Bikin ..

Selasa, 20 Oktober 2020
Putus Penularan Covid-19, Ditlantas Polda Metro Maksimalkan Pelayanan Online

Putus Penularan Covid-19, Ditl..

Senin, 19 Oktober 2020
Cegah Demo Anarkis, Kapolres-Dandim Jakarta Barat Rembug Bareng RT-RW Amankan Wilayah

Cegah Demo Anarkis, Kapolres-D..

Senin, 19 Oktober 2020
Kepolisian Negara Republik Indonesia