Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kriteria Jenderal Yang Cocok Gantikan Irjen Antam Novambar Sebagai Wakabareskrim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 28 Februari 2020, 14:15 WIB
Kriteria Jenderal Yang Cocok Gantikan Irjen Antam Novambar Sebagai Wakabareskrim
Dedi Prasetyo/Net
rmol news logo Irjen Antam Novambar resmi dilantik oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekjen KKP.

Untuk itu, Antam Novambar harus meninggalkkan posisinya di Polri sebagai Wakabareskrim. Tenntunya, Mabes Polri pun harus menyiapkan figur lain sebagai pengganti.

Kepala Biro Pembinaan Karir (Karo Binkar) SSDM Polri Brigjen Dedi Prasetyo sebagai pejabat yang bertanggung jawab melakukan fungsi pembinaan karir seluruh anggota Polri menjelaskan, jabatan Wakabareskrim cukup strategis untuk itu diperlukan jenderal yang memiliki rekam jejak baik dan tentunya berkompeten di bidang reserse.

“(Kriteria) itu diutamakan,” kata Dedi kepada wartawan, Jumat (28/2).

Untuk mencari Perwira Tinggi (Pati) Polri sesuai dengan klasifikasi tersebut, Dedi mengaku jajaranya telah mempunyai sistem yang berisi catatan-catatan lengkap sosok-sosok jenderal yang memiliki rekam jejak baik di bidang reserse.

Mantan Karo Penmas Divisi Humas Polri ini kemudian menjelaskan secara garis bersar, jajaranya mentracking jenderal yang rekam jejaknya dari perwira pertama hingga perwira tinggi pernah berkecimpung di dunia reserse.

“Misalnya dia Pama (perwira pertama) di reserse, Pamen (perwira menengah) di reserse, pernah menjabat Dir (direktur). Pati (perwira tinggi) misalnya juga di situ, berarti potensi dia untuk bisa menduduki jabatan Wakabareskrim, sesuai dengan kompetensinya, peluangnya di situ lebih besar," jelasnya.

Meski demikian, sambung Dedi, semua kandidat akan diserahkan kepada Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) sekaligus untuk memutuskanya.

“Itu yang nanti dalam sidang Wanjakti, itu akan ditentukan siapa (Wakabareskrim), jabatan Wakabareskrim terbuka untuk bintang 1 dan 2,” pungkas Dedi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA