Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiga Trofi Juara Dipajang Di Emperan Gelora Bung Karno

Jelang Kedatangan Inter Milan Di Jakarta

Selasa, 22 Mei 2012, 08:53 WIB
Tiga Trofi Juara Dipajang Di Emperan Gelora Bung Karno
ilustrasi

RMOL. Aya Sophia serius memberikan arahan kepada puluhan anak muda yang terkumpul di halaman pintu utara, Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. Dua hand phone yang dipegang asisten event manager kedatangan klub Inter Milan di Indonesia ini tak henti-hentinya berdering. Ia pun menjauh sejenak untuk menerima panggilan itu.

“Kami sedang briefing untuk persiapan penjualan dan pe­nu­karan tiket untuk dua per­tan­dingan Inter Milan yang akan dimulai esok hari (hari ini-red). Mereka yang kumpul disini ada­lah petugas yang ditempatkan di stand penjualan tiket,” terangnya saat ditemui Rakyat Merdeka ke­marin.

Kata Aya, di sisa waktu ini pa­ni­tia benar-benar menguras te­na­ga untuk merampungkan se­mua persiapan. “Misalnya di de­pan pintu tujuh sana, di bangun be­las­an stand yang kami beri nama Inter Village. Di tempat tersebut, ke­meriahan dan pernak-pernik ten­tang Inter Milan akan dipa­merkan dan dijual,” terangnya.

Di Inter Village itu bakal ada per­tunjukan teater dan penjualan pernak-pernik Inter Milan. Juga  ada stand Museum Inter. Di tem­pat ini akan ditampilkan sejarah dan informasi seputar klub yang bermarkas di Milan ini.

“Yang menarik di Museum Inter ini adalah tiga trofi yang pernah diraih Inter Milan. Ketiga trofi itu nantinya akan dipa­mer­kan pada pengunjung yang mau lihat,” jelasnya.

Seperti diketahui, tim raksasa asal Italia, Inter Milan akan mela­ku­kan tur musim panas ke se­jum­lah negara di Asia, termasuk ke Indonesia. Klub yang digawangi Javier Zanneti dan kawan-kawan direncanakan datang ke Jakarta 23 Mei 2012.

Dalam kunjungannya tersebut, I Nerazzurri—sebutan untuk Inter Mi­lan—direncanakan bermain dua kali. Pertandingan pertama berhadapan dengan Indonesia Selec­tion pada 24 Mei. Selan­jut­nya pada 26 Mei melawan timnas U-23. Pertandingan digelar di Sta­dion Utama Gelora Bung Karno.

“Rabu pagi (23/5) sekitar pukul 10.00 dijadwalkan pemain Inter Milan akan tiba di Bandara Soe­karno Hatta. Kami dari panitia sudah menunjuk siapa yang akan menjemput, termasuk tamu un­dang­an seperti PSSI dan Meneg­pora,” terang Aya Shopia.

Pada H-1 pihak panitia akan menjual tiket pertandingan yang masih tersisa. Untuk setiap per­tan­dingan, panitia menyediakan 60 ribu tiket. Hingga kemarin baru 40 ribu yang terjual.

“Besok (hari ini—red) kami akan membuka loket untuk men­jual sekaligus menukar tiket bagi yang membelinya di luar (sta­dion). Sekarang ini, kami sedang melakukan persiapan untuk pen­jualan tiket tersebut sampai pada teknis menghadapi penonton yang datang,” katanya.

Berbeda dengan pertandingan lainnya, untuk laga Inter mela­wan pemain asal Indonesia bakal menggunakan tiket elektronik. Bentuk tiketnya seperti kartu ATM. Pada tiket itu akan dipa­sang logo yang hanya bisa terba­ca saat proses scanning. Jika lolos scanning, pemegang tiket baru diperbolehkan masuk stadion.

“Ini untuk mencegah terjadi­nya pemalsuan tiket seperti yang terjadi pada event pertandingan lain. Selain itu, tiket itu juga bisa jadi kenang-kenangan bagi me­reka yang membelinya,” kata Aya.

Untuk tempat antre, lantas Aya menunjuk pada sebuah bangunan panjang yang ada dekat pintu masuk GBK dari arah Taman Ria Senayan. Bangunan yang ditutup dengan terpal setinggi 2,5 meter ini dibagi dua bagian.

Bagian pertama yakni bangun­an persegi panjang dengan ukuran 4x15 meter. Pada bagian kiri dan kanan bangunan ini di­bentuk lobang-lobang seperti loket yang jumlahnya ada 15 di masing-masing bagian.

Sementara bagian kedua untuk antre calon penonton yang akan membeli atau menukarkan tiket. Pagar besi setinggi 1,5 meter dile­tak­kan memanjang dan mem­ben­tuk empat jalur. Dua jalur di ba­gian kanan dan dua jalur di bagian kiri yang terhubung langsung pada 15 loket tiket yang ada di sebelah dalam.

“Demi memberi kenyamanan saat terjadi antrian panjang, kami sediakan delapan blower di bagian kiri dan kanan,” terang Aya sambil menunjuk ke arah blo­wer yang dia maksud.

Pantauan Rakyat Merdeka, selain di lokasi tiket kesibukan lain juga terlihat di seberang Pin­tu VII Tribun Utara Stadion GBK. Di lokasi yang disebut se­ba­gai inter village ini, mobil-mobil pick up terlihat keluar ma­suk dengan membawa kayu, besi, terpal dan papan triplek.

Arya bersama tiga temannya sibuk merangkai papan kayu, besi dan terpal kain menjadi sebuah ba­ngunan berbentuk stand. Ba­ngunan berbentuk segi empat de­ngan atapnya mengerucut seperti payung.

“Bangunan ini katanya akan digunakan sebagai kios-kios untuk pameran segala hal yang berhubungan dengan kedatangan klub Inter Milan ke Indonesia,” tutur Arya saat ditemui Rakyat Merdeka, kemarin.

Bikin Akademi, Cari Pemain dan Pelatih Berbakat

Tiba di Jakarta, rencananya para bintang Inter Milan akan disambut dalam dua sesi yang berbeda. Sesi pertama di Ban­dara Soekarno Hatta. Kedua di Hotel Mulia, Senayan Jakarta.

Aya Sophia, Asisten Event Manager Kedatangan Inter Milan di Indonesia mene­gas­kan, pihaknya menjamin tidak akan mengecewakan grup rak­sasa asal Italia itu. Mulai dari penyambutan kedatangan, hingga seluruh event termasuk akomodasi bagi para pemain yang datang.

Untuk acara penyambutan saja, kata dia, pihak panitia mendesainnya dalam dua acara. Pertama, penyambutan di Ban­dara Soeta selaku tempat per­tama kali para pemain itu menginjakan kaki di Indonesia.

“Kami akan siapkan karpet merah, karangan bunga dan sebagainya yang diperlukan dalam acara penyambutan. Dan rencanya pada penyambutan itu nanti juga akan melibatkan petinggi PSSI dan peme­rin­tah­an,” katanya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Penyambutan kedua dila­ku­kan di Hotel Mulia selaku tem­pat menginap bagi para pemain dan rombongan. Di tempat ter­sebut, internisti yang me­ru­pakan penggemar dari klub Inter Milan yang akan mela­ku­kan sambutan dengan berbagai kegiatan.

“Pokoknya kami benar-benar ingin memberikan pelayanan terbaik. Tempat menginap pun kami pilih yang bagus dan dekat dengan stadion GBK selaku tempat pertandingan,” terang­nya.

CEO Inter Milan Ernesto Pao­lillo mengatakan, keda­tangannya nanti di Indonesia bukan sekadar menjajal ketang­guhan tim Garuda. “Tapi kami akan tinggal dalam jangka lama di Indonesia untuk membuat suatu akademi,” katanya.

Paolilo menilai, dengan jum­lah penduduk Indonesia yang tidak sedikit, ia yakin dapat meng­gali potensi-potensi pe­main yang berbakat. “Oleh ka­renanya kita membantu men­cari pemain di sini, Jadi kami tidak akan satu dua tahun di sini. Saya akan mencari pemain dan pelatih di Indonesia,” lanjut dia. [Harian Rakyat Merdeka]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA