Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demi Keamanan Rumah, Pemudik Diminta Lapor RT Sebelum Berangkat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 28 Maret 2024, 22:14 WIB
Demi Keamanan Rumah, Pemudik Diminta Lapor RT Sebelum Berangkat
Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Israyani/Ist
rmol news logo Pulang ke kampung halaman alias mudik saat lebaran Idulfitri telah menjadi tradisi yang sudah berlangsung sejak lama di tanah air.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Israyani mengimbau warga yang berencana mudik lebaran tahun ini untuk melapor terlebih dahulu ke rukun tetangga (RT) maupun rukun warga (RW).

Pasalnya, banyak kejadian kasus pencurian dan bencana kebakaran terjadi ketika rumah dalam kondisi kosong, khususnya saat ditinggal mudik lebaran.

“Perjalanan mudik itu harus direncanakan dengan baik. Mau mudik dari tanggal berapa dan kembali tanggal berapa, ke mana tujuannya dan tinggalkan nomor kontak yang bisa dihubungi jika diperlukan. Laporkan rencana mudik ke RT atau pengurus RT,” ujar Israyani di gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (28/3).

Kepada pengurus RT dan RW, politikus PKS itu meminta untuk mensosialisasikan kepada warganya yang hendak meninggalkan rumah agar mencabut semua listrik dan gas.

“Titip rumah ke tetangga terdekat saat kita di kampung halaman atau sedang mudik. Pastikan semua alat elektronik dalam keadaan mati dan tidak tersambung ke stop kontak ataupun sumber listrik. Matikan semua lampu kecuali lampu luar (teras, samping),” ungkap dia.

Diketahui, tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik dengan total sekitar 190 juta orang atau meningkat 56 persen dibandingkan tahun sebelumnya.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA