Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warga Diimbau Lapor RT sebelum Mudik Lebaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Jumat, 29 Maret 2024, 06:11 WIB
Warga Diimbau Lapor RT sebelum Mudik Lebaran
Ilustrasi mudik lebaran/Net
rmol news logo Mudik lebaran bakal jadi momentum istimewa bagi masyarakat. Meninggalkan rumah sementara waktu untuk pulang ke kampung halaman merupakan tradisi yang sudah berlangsung sejak lama.

Dalam kondisi rumah kosong karena ditinggal mudik lebaran,
tak jarang menjadi incaran pelaku kriminal.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Israyani mengimbau warga yang berencana mudik lebaran tahun ini untuk melapor terlebih dahulu ke rukun tetangga (RT) maupun tukun warga (RW).

“Perjalanan mudik itu harus direncanakan dengan baik. Mau mudik dari tanggal berapa dan kembali tanggal berapa, ke mana tujuannya dan tinggalkan nomor kontak yang bisa dihubungi jika diperlukan. Laporkan rencana mudik ke RT atau pengurus RT,” kata Israyani dikutip Jumat (29/3).

Kepada pengurus RT dan RW, sambung Israyani, agar melakukan sosialisasi kepada warga yang hendak meninggalkan rumah agar mencabut semua listrik dan gas. Harapannya meminimasisasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran ataupun kemalingan.

“Titip rumah ke tetangga terdekat saat kita di kampung halaman atau sedang mudik. Pastikan semua alat elektronik dalam keadaan mati dan tidak tersambung ke stop kontak ataupun sumber listrik. Matikan semua lampu kecuali lampu luar (teras, samping),” kata Israyani.

Israyani juga mengingatkan untuk mengutamakan kebersihan rumah sebelum ditinggal.

“Pastikan tidak ada alat memasak yang dalam posisi menyala dan jangan tinggalkan bahan makanan atau lainnya yang bisa jadi busuk dan menimbulkan bau tidak sedap jika ditinggalkan dalam waktu lama,” tutup Israyani.rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA