Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamanan Mudik Sukses, Kinerja Menko PMK Dipuji

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 27 April 2023, 10:53 WIB
Pengamanan Mudik Sukses, Kinerja Menko PMK Dipuji
Pengamat sosial yang juga dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga, Aribowo)/Ist
rmol news logo Tingkat kecelakaan selama arus mudik Idulfitri 1444 Hijriah/2023 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Hal itu menunjukkan penanganan mudik berjalan baik.

Demikian disampaikan pengamat sosial yang juga dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (UA), Aribowo, lewat keterangan tertulisnya.

“Tingkat kecelakaan lalu lintas turun 39 persen, dan kematian turun 72 persen, itu indikator penanganan mudik cukup baik," kata Ari, seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (27/4).

Menurutnya, pemerintah juga sukses menjadikan mudik Idulfitri untuk membangun solidaritas sosial, dengan cara menyelenggarakan mudik gratis massal yang dilakukan pemerintah daerah dan lembaga pemerintahan.

"Kalau masih terjadi kemacetan bisa dimaklumi, karena tahun ini terjadi euforia mudik luar biasa, setelah dua tahun tidak mudik karena Covid-19," sambungnya.

Lebih lanjut Aribowo yang mantan Ketua Dewan Kesenian Jawa Timur itu juga mengatakan, kesuksesan penanganan mudik tak lepas dari manajemen mudik yang efektif.

“Saya melihat Menko PMK, Muhadjir Effendy, cakap mengkoordinasikan stakeholders, seperti kementerian teknis, Polri, TNI, dan PMI. Sehingga strategi penanganan mudik bisa diterapkan baik. Kegigihan Menko PMK turun langsung ke lapangan juga menambah semangat kerja lainnya,” tandasnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA