Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warga Bojong Gede Jalankan Program Berdikari untuk Ketahanan Pangan Rumah Tangga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 04 Maret 2023, 16:12 WIB
Warga Bojong Gede Jalankan Program Berdikari untuk Ketahanan Pangan Rumah Tangga
Sosialisasi Program Berdikari alias Berkebun di Pekarangan Sendiri/Ist
rmol news logo Emak-emak di Perum Ambar Waringin, Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, asah kreatifitas untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga. Tepatnya, dengan menanam buah, sayuran, dan rempah-rempah.

Koordinator Wilayah (Korwil) Mak Ganjar Jawa Barat Nurapsi mengatakan, kreatifitas emak-emak itu merupakan implementasi dari Program Berdikari alias Berkebun di Pekarangan Sendiri.

"Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi emak-emak agar bisa produktif dengan melakukan aktifitas berkebun di pekarangan rumah," kata Nurapsi dalam keterangannya, Sabtu (4/3).

Program berkebun, dengan memanfaatkan pekarangan rumah, digulirkan setelah melihat potensi yang ada di daerah tersebut, dalam upaya pemenuhan kebutuhan sayuran, yang selama ini dikirim dari luar daerah.

"Kami mendatangkan mentor, yang sudah berpengalaman, serta kebutuhan bibit dalam melakukan praktiknya," imbuh Nurapsi.

Dia menjelaskan, berbagai macam jenis sayuran yang dikembangkan warga ini terdiri dari jenis sayuran kangkung, kacang panjang, bayam, terong, cabai, tomat rampai dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah. Warga menanam dengan menggunakan polybag atau karung bagi warga yang tidak memiliki lahan pekarangan rumah.

"Selain tanaman sayuran, juga direncanakan penambahan bibit tanaman labu kuning yang tepungnya dapat dimanfaatkan untuk pembuatan makanan ringan seperti puding, mi dan aneka makanan lainnya," demikian Nurapsi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA