Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Finlandia Ternyata Punya 50.500 Tempat Perlindungan Bom

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 30 Agustus 2023, 10:20 WIB
Finlandia Ternyata Punya 50.500 Tempat Perlindungan Bom
Spesialis keamanan Tapio Hietakangas berjalan bersama seorang karyawan di terowongan tempat perlindungan bawah tanah Santa Park dekat Rovaniemi, Finlandia, 24 Mei 2022/Net
rmol news logo Di tengah kekhawatiran tentang perluasan perang Rusia-Ukraina, negara tetangga Finlandia melakukan sejumlah langkah antisipasi, salah satunya dengan mempersiapkan tempat perlindungan warga dari serangan bom yang mungkin diluncurkan musuh.

Setelah melakukan inventarisasi, ternyata Finlandia memiliki 50.500 tempat perlindungan. Begitu yang diungkap Kementerian Dalam Negeri dalam sebuah pernyataan pada Rabu (30/8).

"Sensus pemerintah menyimpulkan bahwa negara Nordik berpenduduk 5,5 juta jiwa ini memiliki sekitar 50.500 tempat perlindungan bom yang dapat menampung 4,8 juta penduduk jika terjadi keadaan darurat atau serangan," ungkap laporan itu, seperti dimuat The Star.

Kementerian menyebutkan, 91 persen dari tempat perlindungan tersebut cukup kuat untuk menahan serangan yang dilakukan dengan senjata konvensional. Sementara 83 persennya telah dilengkapi berbagai alat yang dapat melindungi warga dari emisi gas atau keadaan darurat nuklir.

Manajer proyek inventarisasi tempat perlindungan bom, Ira Pasi, mengatakan setiap penampungan tersebut dilengkapi dengan ventilator, pintu kedap air, tempat tidur yang dapat ditumpuk, dan bahkan lemari kering, seperti yang disyaratkan oleh undang-undang terbaru yang berlaku pada tahun 2011.

“Selama beberapa dekade, Finlandia telah membangun infrastruktur perlindungan sipil senilai miliaran euro, dan hal ini layak untuk dijaga,” kata Pasi.

Selama masa damai, beberapa tempat perlindungan bawah tanah memiliki kolam renang, pusat olahraga bahkan taman hiburan Sinterklas.

Tempat penampungan tersebut dipelihara oleh masing-masing pemilik bangunan dan pemerintah baru-baru ini menyerukan pemeliharaan menyeluruh.

Negara Nordik yang waspada ini telah mewajibkan pembangunan tempat penampungan darurat di bawah blok apartemen dan gedung perkantoran sejak tahun 1950-an.

Maka tak heran jika Finlandia saat ini memiliki puluhan ribu tempat perlindungan yang disiapkan untuk warganya di masa konflik. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA