Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ada Perubahan Kegiatan, Izin Usaha Century Tokyo Leasing Indonesia Dicabut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 14 November 2023, 15:15 WIB
Ada Perubahan Kegiatan, Izin Usaha Century Tokyo Leasing Indonesia Dicabut
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemain leasing semakin terkikis setelah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha perusahaan pembiayaan (leasing) PT Century Tokyo Leasing Indonesia.

Izin dicabut pada 19 Oktober 2023 sesuai dengan Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-18/D.06/2023 tertanggal 7 November 2023.

Kepala Departemen Perizinan, Pemeriksaan Khusus dan Pengendalian Kualitas Pengawasan Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan LJK Lainnya OJK Adief Razali mengatakan, keputusan itu dikeluarkan karena adanya perubahan kegiatan usaha.
 
Sejak keputusan itu berlaku maka perusahaan yang beralamat di World Trade Centre 2 Jakarta Selatan itu, dilarang melakukan kegiatan usaha di bidang Perusahaan Pembiayaan dan diwajibkan untuk menyelesaikan hak dan kewajiban sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Adief juga mengatakan, perusahaan dilarang untuk menggunakan kata finance, pembiayaan, dan/atau kata yang mencirikan kegiatan pembiayaan atau kelembagaan syariah, dalam nama Perusahaan, sesuai dengan ketentuan Pasal 112 POJK Nomor 47/POJK.05/2020 tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Perusahaan Pembiayaan dan Perusahaan Pembiayaan Syariah.

"Perusahaan juga wajib menyediakan pusat informasi dan pengaduan nasabah di internal Perusahaan yang dilengkapi dengan narahubung yang berwenang," kata Adief.

Narahubung dimaksud (termasuk apabila terjadi perubahan narahubung) harus disampaikan kepada seluruh debitur dan dapat ditembuskan kepada OJK u.p. Direktorat Pengawasan Lembaga Pembiayaan dan Perusahaan Modal Ventura dan Direktorat Pelayanan Konsumen, Pemeriksaan Pengaduan dan EPK Regional. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA