Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polri: Aceh Kondusif Walaupun Ada Peringatan Milad GAM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 04 Desember 2020, 20:54 WIB
Polri: Aceh Kondusif Walaupun Ada Peringatan Milad GAM
Sekelompok orang memperingati milad ke-44 GAM di halaman Masjid Raya Baiturahman/Repro
rmol news logo Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono mengatakan, secara keseluruhan kondisi Daerah Istimewa Aceh dalam keadaan kondusif kendati ada peringatan milad ke-44 Gerakan Aceh Merdeka (GAM)  di Masjid Raya Baiturrahman, Aceh, Jumat siang (4/12).

"Alhamdulillah barusan saya hubungi Kapolresta Banda Aceh, Kabid Humas Polda Aceh, alhamdulillah masih kondusif," kata Awi kepada wartawan di gedung Bareskrim Polri, Jumat sore.

Awi menyampaikan, peringatan milad GAM yang diwarnai aksi pengibaran bendera Bulan Bintang di halaman Masjid Raya Baiturrahman itu dilakukan oleh sekelompok orang yang diluar koordinasi.

"Itu memang di luar apa yang disampaikan oleh pimpinan mereka bahwasanya peringatan disampaikan untuk di daerah masing-masing ternyata ada beberapa kelompok orang yang menyampaikan aspirasinya di depan Masjid Raya Baiturrahman," tandas Awi.

Adapun tuntutan mereka, ialah penggunaan lambang GAM di dalam pemerintahan Aceh sebagaimana Perjanjian Helsinki antara pemerintah Indonesia dengam GAM di Helsinki, Finlandia pada 15 Agustus 2005 silam.

"Dia cuma menuntut saja bahwasanya dulu jaman perjanjian helsinki itu ada tanda-tanda gambar di bendera mereka dicantumkan di tanda-tanda pemerintahan Aceh, tapi sampai sekarang belum teralisasi oleh pemerintah," tandas Awi.

"Samapai tadi siang saya telpon Kapolrestanya belum menemukan peristiwa pidananya," pungkas Awi menambahkan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA