Kepolisian Negara Republik Indonesia
HEAD POLRI

Kakorlantas: Program Keselamatan Polri Sudah Tersalurkan 100 Persen Kepada Supir Bus Hingga Becak

Kakorlantas Polri Irjen Istiono/Net

Korlantas Polri telah melakukan program Keselamatan 2020 selama pandemik Covid-19. Kegiatan ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang memerintahkan untuk menggelar kegiatan bantuan sosial kepada masyarakat.

Namun, Korlantas Polri tak hanya melakukan kegiatan bantuan sosial berupa bantuan uang tunai, tetapi juga melakukan sosialisasi keselamatan berlalu lintas kepada para sopir angkutan umum.

Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengatakan, pada program Keselamatan 2020 ini, mereka telah memberikan pelatihan terhadap 197.256 orang yang terdiri dari pengemudi bus, taksi, angkot, ojek konvensional, andong, becak, kernet, bajaj atau bemo serta kendaraan rental di seluruh Indonesia.

"Program ini sudah tersalurkan 100 persen dan sangat bermanfaat bagi para penerima bansos, utamanya di bulan pertama di mana seluruh masyarakat berada di rumah untuk memutus mata rantai COVID-19," kata Istiono di Gedung NTMC Polri, Rabu (12/8).

Lalu di bulan kedua, para penerima bansos penghasilannya masih tidak stabil hingga bulan ketiga dikarenakan belum normalnya aktivitas masyarakat.

Mantan Kapolda Bangka Belitung ini menuturkan, bansos diberikan bertahap dengan menggunakan metode langsung kepada penerima melalui rekening bank selama tiga bulan belakangan, yakni April hingga Juli 2020.

Selain itu, Polri juga memberikan pelatihan dengan metode e-learning dan pemutaran video training serta pertemuan terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Istiono pun memastikan penyaluran bansos dapat bermanfaat dan tepat sasaran. Bantuan tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat, terutama mitra lalu lintas yang terdampak virus corona.

"Untuk itu, bantuan tersebut dipadukan dengan pelatihan penanganan pencegahan Covid-19 dan pelatihan tertib berlalu lintas," imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan evaluasi pelaksanaan, banyak manfaat yang didapat para peserta, meliputi pemahaman tentang pengetahuan dan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Selain itu, safety driving dan safety riding, keterampilan, pengetahuan dan etika pengemudi dalam rangka meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

"Etika berlalu lintas meliputi perilaku berlalu lintas yang berkeselamatan dan sopan santun pengemudi untuk mewujudkan kenyamanan penumpang," tandas Istiono.

Artikel Lainnya

Sudah Raup Untung Rp 100 Juta, Penipu Anak Presiden Jokowi Masih Pelajar SMP

Sudah Raup Untung Rp 100 Juta,..

Jumat, 18 September 2020
Korlantas Gelar Rapid Test Massal Di Pelayanan SIM Dan STNK

Korlantas Gelar Rapid Test Mas..

Jumat, 18 September 2020
Tim Gabungan Mulai Gelar Perkara Penyidikan Kebakaran Gedung Kejagung

Tim Gabungan Mulai Gelar Perka..

Jumat, 18 September 2020
Polisi Temukan Lima Mayat Dalam Freezer Di Kapal Ikan Star Indo Jaya

Polisi Temukan Lima Mayat Dala..

Jumat, 18 September 2020
Berhasil Ungkap Kasus Besar, Empat Anggota Polsek Boja Diberi Penghargaan

Berhasil Ungkap Kasus Besar, E..

Kamis, 17 September 2020
Kapolda, Danrem Hingga Gubernur Kalsel Blusukan Bagikan Masker

Kapolda, Danrem Hingga Gubernu..

Kamis, 17 September 2020
Ada Sanksi Pidana, Kapolda NTB Ingatkan Cakada Patuhi Protokol Kesehatan Saat Pilkada

Ada Sanksi Pidana, Kapolda NTB..

Kamis, 17 September 2020
Naik Penyidikan, <i>Police Line</i> Kebakaran Gedung Kejagung Dibuka

Naik Penyidikan, Police Line K..

Kamis, 17 September 2020
Kepolisian Negara Republik Indonesia