Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jalan Berliku Bahlil Mirip Kisah “Laskar Pelangi’

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 10 September 2024, 17:08 WIB
Jalan Berliku Bahlil Mirip Kisah “Laskar Pelangi’
Bahlil Lahadalia/RMOL
rmol news logo Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia, merupakan gambaran dari tokoh Laskar Pelangi yang datang dari Indonesia Timur.

Pengamat politik yang juga akademisi FISIP Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Said Lestaluhu, mengatakan perjalanan hidup Bahlil, ada kemiripan dengan tokoh Laskar Pelangi yaitu Ikal. 

Tokoh utama protagonis dalam novel tersebut digambarkan memiliki perawakan kecil, berbadan relatif kurus dan berambut ikal. Ia juga digambarkan memiliki kegigihan dan kerja keras hingga sukses merealisasikan mimpi-mimpinya.

“Orang bilang setiap orang pasti punya takdir, tapi tetap takdir itu kan harus didapatkan dengan sebuah usaha dan kerja keras. Pak Bahlil sudah menunjukkan itu. Bahwa kalau kita flashback sendiri tentang kisah-kisah lalunya di masa kecil, ada gempa di gunung berapi di Banda, kemudian pindah ke Maluku Tengah, kemudian ke Fakfak sampai ke Jayapura sampai dengan sukses ke Jakarta,” ujar Said dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (10/9).

Kisah hidup Bahlil, lanjut Said, patut diteladani. Sejak kecil, ia sudah ditempa oleh kerasnya kehidupan, tetapi tidak menyerah dan mampu membalikkan keadaan.

“Jadi memang Pak Bahlil itu ditempa oleh kehidupan yang istilahnya ‘from zero to hero’,” ungkapnya.

Said menambahkan, sedikit orang dari wilayah Indonesia Timur yang mampu berkiprah dan sukses di ibu kota.

 Rekam jejak panjang Bahlil, yang dimulai dari aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan meniti karir dari bawah sebagai pengusaha, hingga akhirnya dipercaya menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), menunjukkan potensi besar yang dimilikinya.

Melihat potensi tersebut, Bahlil kemudian dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi pembantunya.

“Kalau kita lihat track record selama ini kan untuk menjadi seorang ketua HIPMI saja itu dari (Indonesia) Timur sulit, apalagi kemudian masuk karier politiknya sebagai seorang menteri dan bahkan sekarang dipercayakan oleh DPD-DPD Golkar seluruh Indonesia untuk menjadi Ketua Umum Golkar itu sesuatu yang luar biasa yang patut diapresiasi,” jelasnya.

“Dan wajar kalau memang ada penghargaan seperti fenomena Laskar Pelangi dari timur, saya kira memang itu patut disematkan kepada Pak Bahlil,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA