Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ada Political Ghost yang Memaksa Airlangga Mundur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 11 Agustus 2024, 17:26 WIB
Ada <i>Political Ghost</i> yang Memaksa Airlangga Mundur
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Ada dugaan political ghost yang terjadi di balik keputusan Airlangga Hartarto mundur sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Direktur Eksekutif Fixpoll Indonesia, Mohammad Anas RA mencermati, upaya menggeser Airlangga dari pucuk pimpinan Golkar sudah terasa sejak lama.

"Saya kira agenda mendongkel Airlangga dari pucuk ketua umum sudah berjalan sejak lama, hanya saja Airlangga masih mampu memainkan irama indah di Golkar sehingga masih bisa bertahan," kata Anas kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (11/8).

Di sisi lain, pengunduran diri Airlangga cukup membuat kaget kader internal Golkar dan publik lantaran dilakukan menjelang pendaftaran bakal calon kepala daerah.

Anas memandang, Golkar di bawah kepemimpinan Airlangga solid dengan struktur organisasi dan sayap partai yang mendukung penuh kepemimpinannya. 

Airlangga dianggap sebagai sosok yang bisa diterima oleh internal partai dan telah berprestasi dalam mengembalikan kejayaan Golkar di panggung politik nasional.

Namun, Anas juga menilai bahwa tekanan dari kekuatan eksternal menjadi faktor penentu dalam keputusan Airlangga untuk mundur. 

"Airlangga tak kuasa menangkis bidikan politik yang tertuju kepadanya sehingga menyatakan mengundurkan diri dari kursi ketua umum," pungkas Anas. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA