Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Polhukam Klaim Biang Kerok Peretasan PDN dari Internal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 01 Juli 2024, 14:17 WIB
Menko Polhukam Klaim Biang Kerok Peretasan PDN dari Internal
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto/Repro
rmol news logo Penyebab peretasan Pusat Data Nasional (PDN) diklaim telah ditemukan pemerintah.

Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto mengatakan, berdasarkan hasil forensik, ada pengguna dari pihak internal yang sering menggunakan password. Pihak internal inilah yang kemudian dianggap bersalah atas serangan ransomware LockBit 3.0.

"Kami sudah mengetahui siapa user yang selalu menggunakan password-nya hingga terjadi permasalahan yang sangat serius ini,” kata Menko Hadi saat konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (1/7).

Meski demikian, Hadi tidak mengungkap secara gamblang siapa user yang dimaksud. Ia hanya memastikan akan memproses hukum pengguna tersebut melalui Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan aparat hukum terkait.

“Penegakan hukum nantinya bisa dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku,” lanjut Hadi.

Kemenko Polhukam hari ini menggelar rapat koordinasi tingkat menteri membahas penggantian PDN yang diserang ransomware. Rapat ini dipimpin langsung oleh Menko Hadi Tjahjanto.

Hadir dalam rapat tersebut Menkominfo Budi Arie Setiadi; Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo; Dirjen Dukcapil dan Kepala Pusat dan Informasi Kemendagri; Kepala BSSN, Hinsa Siburian; Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen Bambang Ismawan; Komandan Satuan Siber (Dansatsiber) TNI, Brigjen Ari Yulianto., dan beberapa lainnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA