Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU Pastikan Sirekap untuk Pilkada Lebih Baik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 29 Mei 2024, 15:59 WIB
KPU Pastikan Sirekap untuk Pilkada Lebih Baik
Anggota KPU Betty Epsilon Idroos/RMOL
rmol news logo Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang akan digunakan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024, dipastikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) lebih baik dari yang sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Anggota KPU Betty Epsilon Idroos dalam diskusi publik bertajuk "Menjamin Keterbukaan Informasi dan Penanganan Disinformasi dalam Pilkada Serentak 2024" di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/5).

"Sirekap akan kita gunakan untuk pilkada tentu dengan perbaikan-perbaikan. Kita belajar dari Pemilu 2024, kita perbaiki di Pilkada tahun 2024," ujar Betty.

Mantan Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta itu mengungkapkan, salah satu hal terpenting yang akan diperbaiki KPU adalah terkait kritik dan saran dari publik terkait fungsi keterbukaan informasi dalam Sirekap.

Dia merinci, penggunaan Sirekap pada Pemilu Serentak 2024 adalah untuk mempublikasi data asli perolehan suara peserta pemilu yang ada di tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Indonesia.

Hanya saja, karena terdapat kejadian salah input angka akibat sistem Sirekap yang tidak sempurna, maka dia menjamin KPU bakal memperbaikinya.

"Jadi yang akan kami perbaiki ketika menampilkan data dari numerik menjadi data yang tabel dan ini akan kami perbaiki," demikian Betty menegaskan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA