Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kali Ini Nasdem Diprediksi Pilih Oposisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 07 Maret 2024, 15:38 WIB
Kali Ini Nasdem Diprediksi Pilih Oposisi
Nasdem Tower di Gondangdia, Jakarta Pusat/Net
rmol news logo Upaya rekonsiliasi yang didorong pasangan Capres-cawapres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang unggul dalam quick count dipandang membawa angin segar.

Meski begitu, Direktur Lembaga Riset Lanskap Politik Indonesia, Andi Yusran, memprediksi Partai Nasdem konsisten dengan tidak merapat ke Prabowo jika terpilih menjadi presiden 2024.

"Walaupun Nasdem minim pengalaman berada di luar pemerintahan, namun untuk kali ini sepertinya Nasdem akan bertahan bersama dengan koalisinya," kata Andi saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (7/3).

Analisis Politik Universitas Nasional itu menjelaskan, jika Nasdem meninggalkan koalisinya itu akan berimbas kepada posisi politik Nasdem dalam Pilkada 2024

"Nasdem akan kehilangan pemilih militannya," kata Andi.

Andi pun menyarankan partai pengusung Paslon 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Paslon Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk mempertimbangkan tawaran rekonsiliasi tersebut agar ada keseimbangan.

Diketahui pasangan Anies-Muhaimin didukung Partai Nasdem, PKS, dan PKB serta Partai Ummat. Sementara Ganjar-Mahfud didukung PDIP, PPP, Hanura, Perindo.

Adapun Prabowo-Gibran didukung Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, PBB, Partai Gelora, dan Partai Prima.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA