Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertemuan Paloh-Jokowi Pertegas Wacana Rekonsiliasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 19 Februari 2024, 20:07 WIB
Pertemuan Paloh-Jokowi Pertegas Wacana Rekonsiliasi
Pertemuan Jokowi dan Surya Paloh/Net
rmol news logo Pertemuan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Minggu (18/2), mempertegas wacana rekonsiliasi.

Pengamat politik Ade Reza Hariyadi, mengatakan, rekonsiliasi merupakan tawaran sangat baik dan perlu disambut, sebagai sinyal politik untuk membangun stabilitas sosial politik dan persatuan nasional.

"Hal itu merujuk pada pengalaman sebelumnya, di mana Pilpres selalu menyisakan polarisasi di masyarakat," kata Ade, kepada Kantor Berita Politik RMOL, di Jakarta, Senin (19/2).

Karena itu, analis politik Forum Doktor Ilmu Politik Universitas Indonesia itu meyakini tawaran rekonsiliasi dapat menurunkan tensi politik yang sengit selama Pilpres 2024.

"Rekonsiliasi juga menyejukkan suasana dan menunjukkan tingkat kedewasaan politik para kandidat dan pendukungnya," tambah dia.

Meski begitu Ade Reza menggarisbawahi bahwa tawaran rekonsiliasi tidak berarti Pilpres telah usai, meski penghitungan versi quick count lembaga survei juga telah menunjukkan hasilnya.

"Semua pihak tetap harus menunggu hasil resmi sesuai tahapan yang diatur dalam UU Pemilu. KPU perlu diberi kesempatan bekerja secara mandiri dan profesional, menyelesaikan rekapitulasi suara secara final," pungkasnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA