Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cita-cita Indonesia Emas Bisa Gagal, Capres Diminta Serius Atasi Stunting

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 23 November 2023, 23:04 WIB
Cita-cita Indonesia Emas Bisa Gagal, Capres Diminta Serius Atasi Stunting
Anggota DPD RI, Fahira Idris/Ist
rmol news logo Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024 diminta menjadikan masalah stunting sebagai salah satu fokus utama program kerja.

Permintaan itu disampaikan anggota DPD RI, Fahira Idris. Menurutnya, masalah stunting berpotensi mengganjal cita-cita Indonesia Emas 2045.

Untuk itu Capres-Cawapres harus memiliki pendekatan menyeluruh untuk mencegah stunting.

“Jika ingin menurunkan angka stunting, juga harus punya program peningkatan gizi buat ibu hamil," kata Fahira, lewat keterangan tertulis, Kamis (23/11).

"Bahkan, jika ingin lebih progresif, para Capres juga harus punya program peningkatan gizi periode pra konsepsi, untuk wanita usia subur dan remaja,” sambung senator Jakarta itu.

Merujuk Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, sebanyak 48,9 persen ibu hamil di Indonesia menderita anemia, dan sebagian lainnya mengalami gangguan kurang energi kronis (KEK).

Akibatnya, prevalensi bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) yang merupakan salah satu penyebab utama stunting, masih tinggi, sekitar 6,2 persen. Selain itu, pemberian ASI, makanan, dan pola asuh pada periode 0-23 bulan yang tidak tepat, akan mengganggu tumbuh kembang anak.

“Jadi untuk menurunkan angka stunting harus dilakukan dari pemenuhan kebutuhan nutrisi, dimulai dari saat Ibu hamil," pungkas aktivis perlindungan anak itu.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA