Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polemik Brigjen Endar Ulah Pihak-pihak yang Tak Ingin KPK-Polri Harmonis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 06 April 2023, 08:41 WIB
Polemik Brigjen Endar Ulah Pihak-pihak yang Tak Ingin KPK-Polri Harmonis
Ketua KPK Firli Bahuri bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan keterangan pers/RMOL
rmol news logo Simpul aktivis angkatan '98 (Siaga '98) menduga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendapat masukan yang keliru dari bawahannya, baik informasi maupun beberapa ketentùan terkait penugasan anggota Polri di KPK.

Khususnya mengenai ketentuan terkait Penugasan Polri di instansi lain yang harus mempedomani Permenpan RB Nomor 62/2020 dan Peraturan BKN Nomor 16/2022.

Menurut Koordinator Siaga 98, Hasanuddin, Kapolri tidak mengetahui ketentuan tersebut. Karena Kapolri mempunyai ketentuan terkait penugasan ini, yaitu Perkapolri No. 4 Tahun 2017. Namun, Perkapolri ini tidak menjadi rujukan dalam surat Kapolrì tertanggal 29 Maret 2023.

“Kekeliruan ini, tentu bukan disebabkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit, melainkan bawahannya dan pihak-pihak yang tak ingin Polri-KPK harmonis,” kata Hasanuddin kepada Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (5/4).

Hasanuddin menegaskan, hukum atau aturan haruslah dilihat secara keseluruhan yang utuh dan tak boleh direduksi sepotong-sepotong. Apalagi jika digunakan untuk mengadili atau mengevalùasi suatu peristiwa.

“Jadi terkait penugasan ini (Brigjen Endar Priantoro) tak boleh dilihat semata dari perspektif ketentuan SOP di KPK, melainkan juga ketentuan SOP di Polri terkait penugasan,” tutup Hasanuddin. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA