Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Amanah Bawa Desainer Tingkatkan Nilai Jual Produk Anyaman Bili Aceh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 17 Agustus 2024, 20:07 WIB
Amanah Bawa Desainer Tingkatkan Nilai Jual Produk Anyaman Bili Aceh
Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) mengembangkan produk anyaman bili di Kabupaten Aceh Besar/Ist
rmol news logo Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) mengembangkan produk anyaman bili di Kabupaten Aceh Besar. Hal ini untuk meningkatkan nilai jual produk kerajinan tangan buatan pengrajin dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
HUT 79 RI

Program kali ini melibatkan desainer produk dari Rumpun Gagas Unggul, Iman Setiobudy. 

"Kita ini mengembangkan produk turunan. Tidak menghilangkan produk yang sudah berlangsung selama ini karena warisan turun temurun," kata Iman dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/8).

Iman menemui para pengrajin anyaman bili di Bili Droe, Gampong Lampanah Teunong, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar. Kedatangannya sekaligus untuk memberikan pelatihan kepada para pengrajin.

Selama ini, anyaman bili biasanya dibuat menjadi produk sederhana seperti ayakan beras atau pot bunga. Oleh karena itu, ia menawarkan desain produk baru yang memiliki nilai jual lebih tinggi di pasaran.

Produk kerajinan tangan di daerah tersebut menggunakan batang tanaman bemban atau yang biasa disebut bili oleh masyarakat Aceh. Kulit tanaman tersebut memiliki kelenturan seperti rotan sehingga bisa dengan mudah dibuat anyaman.

Menurut Iman, tanaman bili mempunyai banyak keunggulan. Mulai dari jumlahnya yang melimpah hingga batang dan kulitnya yang sudah bisa digunakan meskipun usianya masih muda.

"Di Indonesia ada banyak tapi di Aceh namanya bili. Ini unik dan ini bisa menjadi penawaran kita ke pasar yang menyukai (produk) ramah lingkungan," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA