Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Iduladha, Disbunak Lamteng Gencar Vaksinasi LSD Sapi dan Kerbau

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 20 Mei 2023, 03:44 WIB
Jelang Iduladha, Disbunak Lamteng Gencar Vaksinasi LSD Sapi dan Kerbau
Ilustrasi/Net
rmol news logo Jelang Hari Raya lduladha, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Lampung Tengah, gencar melakukan vaksinasi Lumpy Skin Disease (LSD) untuk hewan ternak.

Disampaikan Kepala Disbunak Lamteng, Khresna Rajasa, pemberian vaksin LSD itu merupakan salah satu upaya proaktif dari Pemkab Lamteng, untuk mengendalikan dan menghentikan penyebaran virus LSD di wilayah tersebut.

Di mana virus bermateri genetik DNA dari genus Capripoxvirus dan family Poxviridae, di mana virus ini umumnya menyerang hewan sapi dan kerbau.

"Kita berharap dengan pemberian vaksin LSD ini benar-benar dapat menghentikan penyebaran virus LSD pada ternak khususnya di wilayah Lamteng," kata Khresna, kepada Kantor Berita RMOLLampung, Jumat (19/5).

Menurutnya, pemberian vaksinasi terhadap hewan baik yang terjangkit virus LSD, maupun sebagai antisipasi sudah mulai dilakukan pelaksanaannya sepekan yang lalu, tepatnya sejak dosis vaksin LSD itu telah didistribusikan ke Lamteng, pada Jumat (12/5).

"Sebanyak 3.500 dosis vaksin telah kita terima dari pihak Dinas Provinsi Lampung, dan langsung kita distribusikan ke para peternak, dan kelompok peternak yang ada di wilayah Lamteng," terangnya.

Tetapi, lanjutnya, yang menjadi prioritas pihaknya, sesuai arahan, dan instruksi dari Kementerian, bahwa yang kita utamakan adalah untuk lalu lintas ternak.

Artinya yang diutamakan terlebih dahulu untuk ternak yang akan dikeluarkan dari Lamteng ke wilayah atau provinsi lain, karena syaratnya ternak yang kita keluarkan keluar wilayah sudah di vaksin LSD.

"Untuk syarat lalu lintas keluarnya ternak ke luar wilayah tentunya ternak tersebut harus sudah di vaksin LSD. Sementara kita ketahui bahwa populasi ternak di Lamteng cukup besar," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA