Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kerahkan Sembilan Kapal Perang, China dan Rusia Patroli Bersama di Samudera Pasifik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 28 Juli 2023, 19:22 WIB
Kerahkan Sembilan Kapal Perang, China dan Rusia Patroli Bersama di Samudera Pasifik
Angkatan Laut China dan Rusia patroli bersama di Samudera Pasifik pada Jumat 28 Juli 2023/Net
rmol news logo Angkatan Laut China dan Rusia telah memulai misi patroli bersama di Samudera Pasifik pada Jumat (28/7) waktu setempat, melibatkan lima kapal perang Moskow dan empat kapal perang dari Beijing.

Ini adalah ketiga kalinya angkatan laut kedua negara melakukan misi serupa, di tengah intensifnya kerja sama militer dalam beberapa tahun terakhir.

"Kapal berangkat dari Pelabuhan Vladivostok di Timur Jauh Rusia dan berangkat ke rute yang disepakati," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat RT.

"Tujuan dari misi tersebut adalah untuk memperkuat kerja sama angkatan laut antara Rusia dan China, menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia-Pasifik, memantau wilayah laut, dan melindungi fasilitas kegiatan ekonomi maritim kedua negara," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Kementerian menjelaskan, selama patroli, pelaut Rusia dan China akan bekerja untuk menyempurnakan berbagai jenis tindakan bersama, termasuk pengaturan tindakan pertahanan, mengisi ulang air dan bahan bakar saat bergerak, dan melakukan aktivitas anti-kapal selam.

"Helikopter Rusia dan China akan melakukan misi yang akan melibatkan mereka mendarat di kapal milik negara lain," katanya.

Kapal-kapal itu juga dikatakan akan berinteraksi dengan penerbangan dari Armada Pasifik Rusia dan Tentara Pembebasan Rakyat China.

Sebelumnya pada Rabu, Kementerian Pertahanan China mengkonfirmasi latihan bersama tersebut dan mencatat bahwa itu tidak menargetkan pihak ketiga mana pun, dan tidak ada hubungannya dengan situasi internasional dan regional saat ini. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA