Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PBB Temukan 87 Mayat dalam Kuburan Massal di Sudan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 14 Juli 2023, 01:00 WIB
PBB Temukan 87 Mayat dalam Kuburan Massal di Sudan
Potret kehancuran di Darfur Barat, Sudan/Net
rmol news logo Sedikitnya 87 mayat ditemukan dalam kuburan massal di negara bagian Darfur Barat, Sudan pada Kamis (13/7).

Penemuan itu diumumkan oleh Kantor Hak Asasi Manusia PBB, yang mengatakan bahwa korban tewas termasuk anggota kelompok sipil etnis Masalit, yang mayat-mayatnya ditemukan di luar kota Geneina.

Atas penemuan mengejutkan tersebut, Komisaris Tinggi PBB untuk HAM, Volker Turk, menyerukan penyelidikan yang cepat, menyeluruh dan independen.

"Saya mengutuk keras pembunuhan warga sipil dan individu hors de combat, dan saya lebih terkejut dengan cara orang mati yang tidak berperasaan dan tidak sopan, bersama dengan keluarga dan komunitas mereka," kata Volk dalam sebuah pernyataan.

Berdasarkan laporan yang dimuat VOA News, masyarakat setempat dipaksa untuk menguburkan puluhan mayat itu yang diduga dilakukan antara 20 dan 21 Juni.

PBB mengatakan ada bukti yang kredibel bahwa kelompok paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) Sudan bertanggung jawab atas kuburan massal masyarakat sipil ini. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA