Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zelensky Teken UU Larang Nama Tempat Berbau Rusia di Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 23 April 2023, 17:50 WIB
Zelensky Teken UU Larang Nama Tempat Berbau Rusia di Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Net
rmol news logo Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah mengesahkan dua undang-undang untuk menghilangkan dominasi identitas Rusia. Salah satunya melarang nama-nama tempat berbau Rusia.

UU tersebut ditandatangani pada Jumat (21/4). Langkah ini menjadikan pengetahuan tentang bahasa dan sejarah Ukraina sebagai persyaratan kewarganegaraan.

Dimuat New York Times, UU tersebut melarang mengabadikan, mempromosikan, atau melambangkan Rusia dalam tempat, kota, tanggal, peristiwa yang terkenal, berkesan, bersejarah dan budaya, serta tokoh-tokoh mereka yang melakukan agresi militer terhadap Ukraina.

Sebagai tindak lanjut, jalan-jalan di Ukraina telah diganti namanya. Sementara patung-patung tokoh Rusia seperti Catherine yang Agung telah dirobohkan.

Upaya Ukraina untuk menghapus nama-nama lama Rusia memang sudah lama diinisiasi, khususnya sejak jatuhnya Uni Soviet. Namun upaya ini semakin gencar dilakukan sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022, dengan menyebutnya sebagai "de-Rusiafikasi". rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA