Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PKS: Aksi Banting Mahasiswa Melanggar Instruksi Kapolri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 14 Oktober 2021, 09:19 WIB
PKS: Aksi Banting Mahasiswa Melanggar Instruksi Kapolri
Anggota Komisi III DPR RI, Bukhori Yusuf/Net
rmol news logo Aksi aparat membanting mahasiswa saat unjuk rasa di Kabupaten Tangerang merupakan tindakan berlebihan dan tidak berperikemanusiaan,
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Anggota Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf mengecam keras aksi brutalitas yang sempat viral di media sosial tersebut. Menurutnya, ada dua pelanggaran berat yang dilakukan oleh oknum tersebut.

Pertama, pelanggaran terhadap instruksi Kapolri untuk mengedepankan pendekatan humanis dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat. Hal ini tertuang dalam Telegram Kapolri dengan nomor STR/862/IX/PAM.3/2021 tertanggal 15 September 2021.

“Kedua, pelanggaran hukum atas tindak kekerasan,” ujar politisi PKS kepada wartawan, Kamis (14/10).

Anggota DPR RI yang pernah bermitra dengan Polri ini menyesalkan kasus yang terjadi belakangan menambah catatan kelam Korps Bhayangkara di usianya yang telah menginjak 75 tahun.

Apalagi Data dari Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) dalam laporannya yang bertajuk "Laporan Bhayangkara" menyebut selama Juni 2020 hingga Mei 2021, terjadi sebanyak 651 kasus kekerasan yang dilakukan oleh anggota polisi. Kekerasan pada warga sipil itu terjadi di berbagai tingkatan.

Rinciannya, sebanyak 399 kasus kekerasan dilakukan oleh aparat di tingkat kepolisian resor (Polres). Selanjutnya kepolisian daerah (Polda) menyusul di posisi kedua dengan jumlah kasus sebanyak 135 kasus. Sedangkan bertengger di posisi terakhir adalah kepolisian sektor (polsek) dengan jumlah kasus sebanyak 117 kasus.

“Saya berharap kekerasan ini menjadi yang terakhir sekaligus menjadi catatan serius bagi Kapolri,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA