Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Brigjen Dedi Prasetyo Luncurkan Tiga Buku Tentang Pembangunan SDM Unggul

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 13 Maret 2020, 13:22 WIB
Brigjen Dedi Prasetyo Luncurkan Tiga Buku Tentang Pembangunan SDM Unggul
Dedi Prasetyo/Net
rmol news logo Perkembangan zaman dan teknologi mendorong keterbukaan dalam pengelolaan di bidang SDM, siapa yang punya kompetensi dialah yang layak menduduki suatu jabatan pada suatu organisasi.

Begitu kata Kepala Biro Pembinaan Karier Staf Sumber Daya Manusia (Karo Binkar SSDM) Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, yang dengan alasan tersebut juga dia meluncurkan tiga buku karyanya.

Ketiga buku yang berjudul “Assessment Center Polri”, “e-Candidate”, dan “Meritokrasi Jabatan Fungsional pada SDM Polri” diluncurkan di Jakarta pada Kamis (12/3).

"Pengukuran kompetensi saat ini merupakan hal yang sangat penting, Polri saat ini merupakan salah satu organisasi terbesar pemerintah yang mengelola SDM di Indonesia membutuhkan pengukuran yang tepat untuk menilai kompetensi setiap personel di dalamnya," tutur Dedi mengurai latar belakang menulis buku, Jumat (13/2).

Menurutnya, Polri di tengah perubahan global dan tuntutan masyarakat yang tinggi, membutuhkan kualitas, kompetensi dan totalitas dari setiap individu guna menjawab dan merespon harapan masyarakat, baik selaku shareholder maupun sebagai stakeholder premier Polri.

"Kualitas, kompetensi dan totalitas dari setiap individu personel Polri hanya dapat dicapai apabila sistem pembinaan maupun pengembangan, pengelolaan, dan pemberdayaan SDM Polri dilakukan secara tepat, akurat, mantap dan modern," ujar Dedi.

Dalam buku ini dibahas bagaimana cara menciptakan SDM yang unggul sesuai visi dan misi presiden saat ini. Visi dan misi presiden dikembangkan oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, melalui 7 Program Prioritas Kapolri yang salah satunya mewujudkan SDM yang unggul.

Buku itu diluncurkan bertepatan dengan acara Rakernis SDM Polri pada Rabu, 11 Maret 2020. Adapun proses pembuatan buku dimulai sejak Desember 2019 dan selesai melalui proses diskusi lebih dari lima kali dan proses editing serta uji kelayakan lebih dari dua kali baik oleh tim maupun penerbit.

Buku tersebut banyak berisi tentang fenomena baru di lingkungan SDM terkait jabatan fungsional sesuai instruksi Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka meritrokasi menuju SDM unggul.

Dalam buku ini dijelaskan bagaimana sejarah, prinsip penyelenggaraan dan penggunaan serta metode Assessment polri. Untuk melakukan penilaian yang obyektif dan terukur, tools-tools yang ada di Asseesment polri dilakukan Kalibrasi secara berkala.

Menurut Dedi, ini juga sebagai wujud komitmen dalam mengimplementasikan program prioritas Kapolri Jenderal Idham Azis dalam mewujudkan SDM Unggul.

Dan diterbitkan buku tersebut, bukti bahwa SDM Polri terus berupaya maksimal untuk berinovasi melalui meritrokasi jabatan fungsional, Assesment center dan e-candidat sebagai salah satu upaya SDM khususnya Biro Binkar dalam rangka mewujudkan SDM Polri unggul ke depan demi kemajuan Indonesia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA