Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Memperingati HPN 2020 Tepat Pada Waktunya

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/ilham-bintang-5'>ILHAM BINTANG</a>
OLEH: ILHAM BINTANG
  • Minggu, 09 Februari 2020, 13:50 WIB
Memperingati HPN 2020 Tepat Pada Waktunya
Ilham Bintang bersama Istri/Net
HARI ini, 74 tahun lalu: ketika tokoh tokoh pers yang notabene tokoh pergerakan Indonesia dari seluruh pelosok Tanah Air berkumpul di Solo. Tepatnya 9 Februari 1946.

Mereka membentuk organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Peristiwa bersejarah itu kemudian diabadikan Pemerintah Indonesia sebagai Hari Pers Nasion melalui Keppres 5/1985. Sejak itu, setiap tahun Hari Pers Nasional diperingati. Keppres itu bukan hanya mengabadikan pembentukan PWI pada 9 Februari 1946 di Solo, tetapi terutama sebagai penghormatan pemerintah kepada para tokoh pers yang notabene tokoh pergerakan di masa itu.

Itu cukup menjelaskan mengapa pers nasional sekaligus dinyatakan sebagai pendiri negara Indonesia. Wartawan masa itu berperan ganda, sekaligus sebagai aktivis pejuang pergerakan. Itu pula sebab wartawan selalu bangga dengan eksistensinya: Nasionalis dulu baru Jurnalis.

Adapun acara yang dihadiri Presiden RI Jokowi Sabtu ( 8/2) adalah dalam rangka memeriahkan rangkaian acara perayaan HPN di Banjarmasin 2020, 7-9 Februari.

Puncak acara HPN 2020 sendiri dilaksanakan Minggu (9/2) ini pukul 09.00 di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin.

Saya dan istri, presenter Rahma Sarita, kameramen Irfan Firdaus, dosen UIN Ika Irayana, dan wartawan dari rekan-rekan wartawan dari Sumatera Utara mengawali peringatan itu di hari yang tepat, Minggu (9/2) pagi di Pasar Terapung di Sungai Martapura. Menyaksikan ketangguhan para pedagang menjajakan dagangannya.

Spiritnya luar biasa. Tampaknya tidak goyah oleh resesi ekonomi global. Dirgahayu Pers Indonesia. rmol news logo article

Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat. Naskah dimuat pertama kali di halaman Facebook penulis.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA