Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Target Polri, Rusuh Papua Tuntas Sebelum Ulang Tahun OPM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 07 September 2019, 01:56 WIB
Target Polri, Rusuh Papua Tuntas Sebelum Ulang Tahun OPM
Kerusuhan Papua/Net
rmol news logo Kepolsian Negara Republik Indonesia (Polri) bakal mengungkap tuntas peristiwa rusuh yang terjadi di Papua dan Papua Barat sebelum 1 Desember bertepatan Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM).

“Kalau enggak tuntas nanti akan terjadi lagi kejadian seperti ini (rusuh) dan tentunya beberapa kalender mereka sudah sampai 1 Desember, itu harus betul-betul diantisipasi aparat keamanan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (6/9).

Jika tidak segera dituntaskan, kelompok yang mengondisikan Papua akan terus menciptakan gejolak. Bahkan sebelum 1 Desember nanti, lanjut Dedi, kelompok yang sengaja menyeting Papua bergejolak juga menargetkan agenda-agenda internasional seperti sidang HAM PBB di Jenewa, Swiss dan sidang umum PBN di New York.

“Agenda seting itulah yang akan mereka desain memunculkan isu-isu Papua, isu tentang HAM, isu kerusuhan, isu rasisme diangkat kelompok tersebut,” urai Dedi.

Padahal, dalam sidang-sidang tersebut sama sekali tidak mengagendakan hal yang demikian.

Sementara itu, Polri enggan terburu-buru menyebut aktor di balik semua itu. Seban dalam penyelidikan, Polri memiliki prinsip kehati-hatian karena harus sesuai dengan fakta hukum yang ada.

“Dan tentunya (penyelidikan) enggak sendiri, melainkan melibatkan stakeholder terkait, seperti Kementerian Luar Negeri dan berbagai macam pihak yang mendukung penegakan hukum,” demikian Dedi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA