Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belum Semua Ruas Tol Ke Semarang Ada SPBU-nya

Meski Sudah Bisa Dilalui Pemudik

Senin, 28 Mei 2018, 10:04 WIB
Belum Semua Ruas Tol Ke Semarang Ada SPBU-nya
Foto/Net
rmol news logo Tahun ini, pemudik dari Jakarta menuju Semarang tidak perlu keluar tol lagi. Sebab, seluruh ruas sudah tersambung dan bisa digunakan, baik secara operasional maupun fungsional.

 Dari Jakarta ke Semarang, pemudik harus melalui 7 ruas tol. Yaitu, Tol Jakarta-Cikampek (73 km), Tol Cikopo-Palimanan (116 km), Tol Palimanan-Kanci (28,8 km), Tol Kanci-Pejagan (35 km), Tol Pejagan-Pemalang (57,5 km), Tol Pemalang-Batang (39,2 km) dan Tol Batang- Semarang (75 km).

Saat ini, tol yang sudah ber­status operasional mulai dari Jakarta-hingga Brebes Timur, sejauh 272 km yang telah dike­nakan biaya.

Sisanya, yaitu Brebes Timur-Semarang sejauh 151,5 Km masih berstatus fungsional dan masih gratis saat dilewati pe­mudik nantinya. Tentunya den­gan kondisi jalan yang belum sepenuhnya rapi dan mulus.

Ruas tol Brebes Timur-Pemalang sudah bisa dilalui pemudik. Tinggal melaksanakan hasil Uji Layak Operasi (ULO). Demikian disampaikan Kepala Proyek Pejagan-Pemalang Tol Road (PPTR) Seksi 3 dan 4 PT Waskita Karya, Benni Panjaitan pada Sabtu (26/5).

Ruas tol Pejagan-Pemalang terbagi menjadi 4 seksi sepanjang 57,5 Km. Seksi 1 dan 2 sepanjang 20 Km sudah berstatus operasional, sedangkan seksi III dan IV akan dibuka dengan status fungsional sepanjang 37 km.

"Kami masih menyelesaikan pemasangan guardrail, rambu marka jalan, tambahan reflec­tor di barrier dan penyelesaian gate temporary Kertasari," jabar Benny.

Berdasarkan pengamatan, di ruas ini kondisi jalan sudah mulus dan siap dilalui kendaraan pemudik. Jalur ini juga telah dilapisi dengan beton (rigid pavement). Tinggal pemasangan penerangan jalan raya yang masih kurang. Selain itu, 13 gardu tol juga akan disiapkan diujung jalan ini yang bisa digu­nakan bagi pemudik yang akan meneruskan perjalanan hingga ke Semarang melalui jalan tol fungsional.

"Jalur ini sudah siap dilalui para pemudik mulai H-10 Lebaran," ucap Benni.

Kepala Cabang Operasional PT Pejagan Pemalang Toll Road Ian Dwinanto menambahkan, pihaknya juga telah membangun beberapa titik peristirahatan bagi pemudik. Di antaranya titik peri­stirahatan tipe B di kilometer 276 Desa Penarukan, Tegal, yang masih dalam tahap pengerjaan. Juga pembangunan titik peristi­rahatan dengan tipe Adi Desa Lebeteng di kilometer 282.

"Di kedua rest area tersebut, kita fokus pada penyelesaian toi­let, musala dan tempat parkir," ujar Ian. ***

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA