Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU DKI Cuekin Kabar Banyak Caleg Jadi Korban Penipuan Oknum Komisioner

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Minggu, 10 Maret 2024, 07:30 WIB
KPU DKI Cuekin Kabar Banyak Caleg Jadi Korban Penipuan Oknum Komisioner
KPU DKI Jakarta
rmol news logo Kabar sejumlah caleg DPRD DKI Jakarta maupun DPR RI di Dapil Jakarta Timur yang diduga menjadi korban penipuan oknum komisioner KPU Jakarta Timur dan KPU DKI Jakarta, ternyata belum direspons lembaga penyelenggara pemilu tersebut.

Alasannya KPU DKI Jakarta masih fokus merampungkan rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat provinsi. Hal ini untuk memastikan seluruh hasil penghitungan suara tingkat kota terpenuhi.

"Saat ini kami masih fokus menyelesaikan rekapitulasi tingkat provinsi," kata Komisioner KPU DKI Jakarta Dody Wijaya saat dikonfirmasi Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (10/3).

Seperti diungkapkan Ketua Dewan Pertimbangan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem DKI Jakarta, Mohamad Ongen Sangaji, banyak caleg di Jakarta Timur "dikerjain" oknum komisioner hingga menderita kerugian puluhan miliar rupiah namun tetap gagal lolos ke parlemen.

"Para caleg yang gagal lolos itu diiming-imingi bisa meraih suara besar asalkan menyetorkan uang miliaran rupiah. Tapi ternyata itu hanya janji manis," kata Ongen kepada wartawan, Jumat (8/3).

Menurut Ongen, komunikasi antara sejumlah caleg dengan oknum komisioner penyelenggara Pemilu 2024 itu sudah dilakukan sejak 4-5 bulan sebelum pencoblosan 14 Februari 2024.

Oknum komisioner itu juga melibatkan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan bekas komisioner KPU DKI periode 2019-2024.

"Ada caleg yang benar-benar meraih suara gede dan lolos, namun banyak caleg yang harus gigit jari karena raihan suaranya cuma sedikit," kata Ongen.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA