Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Hadapan Panglima TNI, Komisi I Pertanyakan Netralitas Saat Purnawirawan jadi Timses Capres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 07 November 2023, 16:32 WIB
Di Hadapan Panglima TNI, Komisi I Pertanyakan Netralitas Saat Purnawirawan jadi Timses Capres
Anggota Komisi DPR RI Nurul Arifin/RMOL
rmol news logo Terdaftarnya sejumlah purnawirawan TNI dalam daftar tim sukses calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024, menjadi sorotan Komisi I DPR RI saat menggelar rapat dengan Panglima TNI, KSAD, KSAL, dan KSAU, yang membahas dukungan TNI terhadap Pemilu 2024.

Anggota Komisi DPR RI Nurul Arifin mempertanyakan kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, ihwal netralitas TNI lantaran banyak purnawirawan TNI yang bergabung dalam tim pemenangan capres-cawapres.

"Saya membaca timses semua capres ada tentaranya, ada purna, memang purna purna sih pak, tapi sedemikian seksinya. Kalau sudah ada TNInya berarti bagaimana menjaga netralitasnya?" tanya Nurul di dalam rapat, di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/11).

Menurutnya, prajurit TNI memiliki jiwa korsa yang patuh dan taat terhadap pimpinan atau senior.

Legislator Partai Golkar khawatir, banyaknya purnawirawan TNI yang masuk ke tim pemenangan bisa mempengaruhi netralitas prajurit TNI yang sedang aktif.

"Karena ini kan tetap, yang namanya korsa itu melekat pada jiwa TNI. Jadi kalau misalnya, semua timses dari capres capresada TNInya, apa bisa satu napas dengan yang dikatakan," katanya.

"Kita harus netral dan tidak akan mengajak TNI aktif, berperan serta dalam pilpres pemenangan pilpres atau pun secara emosional," demikian Nurul.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA