Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demokrat Masih Berharap Pemerintah Bisa Negosiasi Ulang Bunga Pinjaman KCJB ke China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 13 April 2023, 19:24 WIB
Demokrat Masih Berharap Pemerintah Bisa Negosiasi Ulang Bunga Pinjaman KCJB ke China
Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron/Net
rmol news logo Pemerintah didorong untuk tidak putus asa dalam melakukan negosiasi bunga pinjaman Kereta Cepat Jakarta-Bandung ke China. Meskipun, negosiasi baru-baru ini gagal menurunkan suku bunga pinjaman dari 3,4 persen ke 2 persen.

Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron menuturkan megaproyek kereta cepat tersebut sulit dihentikan, dan diharapkan pemerintah bisa negosiasi ulang agar APBN tidak terbebani dengan tumpukan utang dari proyek tersebut.

“Sudah sulit dihentikan, meski biaya yang membengkak dan bunga yang tinggi, harapanya bisa dinegosiasikan ulang,” kata Herman Khaeron kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (13/4).

Menurut legislator dari Fraksi Demokrat DPR RI ini, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tentu akan merugi dengan beban suku bunga pinjaman yang cukup besar tersebut. Terlebih, payback period yang ditetapkan semakin panjang.

“Saat kami RDP dengan KCIC, bahwa periode pengembalian investasi mencapai 36 tahun, itupun bisa lebih panjang lagi, karena harga tiket yang dipatok pemerintah,” demikian Herman Khaeron.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA