Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jadi Kunci Transformasi, Menkominfo Dorong Pemda Ambil Bagian Cetak Talenta Digital

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 10 Desember 2021, 22:15 WIB
Jadi Kunci Transformasi, Menkominfo Dorong Pemda Ambil Bagian Cetak Talenta Digital
Menkominfo Johnny G. Plate/Net
rmol news logo Kesiapan sumberdaya manusia menjadi kunci utama percepatan transformasi digital Indonesia. Oleh karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Program Digital Talent Scholarship (DTS) untuk menyiapkan sumberdaya manusia dan talenta di bidang digital Indonesia.

Menkominfo Johnny G. Plate menyampaikan hal tersebut dalam Penandatangan MoU Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat di Ayana Hotel, Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat (10/12).

Johnny menuturkan, program DTS diharapkan dapat mendorong masyarakat lebih produktif dalam beraktivitas di ruang digital.
 Dalam konteks ini, Kominfo hadir untuk menjadi pendamping daerah untuk memasuki era baru era transformasi digital melalui Program DTS.

"Hari ini kita hadir di Labuan Bajo sebagai piloting untuk dibicarakan kepada seluruh pemimpin daerah di Indonesia," ujar Johnny dalam keterangannya.

Johnny mengatakan, Presiden Joko Widodo telah menggagas transformasi digital yang harus diimplementasikan oleh seluruh jajaran pemerintahan di Indonesia.

"Tidak boleh lagi stop atau diretorika. Ini tidak murah, tidak gampang, tetapi bisa dilakukan," tandasnya.

Oleh karena itu, mantan anggota DPR RI fraksi Partai NasDem ini mengajak seluruh jajaran Pemkab Manggarai Barat dapat mewujudkan agenda transformasi digital.

Bahkan, dia meminta Pemkab aktif mengambil bagian dalam program yang telah dirancang Kominfo. Khususnya, pelaksanaan Program DTS bekerja sama dengan Pemkab Manggarai Barat, Kominfo menargetkan bisa melatih 5.000 orang menjadi talenta digital pada tahun 2022.

"Kominfo berupaya membangun infrastruktur TIK secara masif di seluruh wilayah Indonesia melalui penggelaran fiber optic, pembangunan base transceiver station (BTS), dan satelit," papar Johnny.

"Jadi, saya minta kepada Bapak Bupati Manggarai Barat, kalau minta 20.000 talenta digital, ya harus dipastikan tersedia 20.000 dengan semua tingkat kecakapan," sambungnya.

Johnny menambahkan, dalam mempersiapkan SDM digital Kominfo telah memetakan dalam tiga level kecakapan digital. Yaitu kecakapan level dasar, menengah, dan tinggi.

"Di tahun ini saja, Kominfo melaksanakan Program Gerakan Nasional Literasi Digital dengan berbagai tingkatan. Di tingkat dasar, ada hampir 12,5 juta orang," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA