Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sherpa Meeting G20 Rampung, Pemerintah Catatkan Nol Kasus Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 10 Desember 2021, 13:37 WIB
<i>Sherpa Meeting</i> G20 Rampung, Pemerintah Catatkan Nol Kasus Covid-19
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam jumpa pers Pertemuan Pertama Tingkat Sherpa G20/Repro
rmol news logo Pertemuan Pertama Tingkat Sherpa G20 (1st G20 Sherpa Meeting) yang diselenggarakan pada tanggal 7-8 Desember 2021 di Jakarta, telah rampung dilaksanakan.

Pertemuan tersebut menjadi pembuka dari seluruh rangkaian pertemuan Presidensi G20 Indonesia tahun 2022.

Indonesia menjadi tuan rumah pertama konferensi tingkat tinggi internasional G20 dari negara kelas menengah.

Pelaksanaan sherpa meeting yang diadakan secara daring dan luring (hybrid) ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) sistem bubble, di mana para tamu delegasi negara-negara G20 dilarang berinteraksi dengan orang di luar kawasan penyelenggaraan acara internasional ini.

Dalam keterangan tertulis Kementerian Komunikasi dan Informatika, terdapat 21 delegasi yang hadir secara fisik di Jakarta. Selain itu, ada 14 negara lainnya hadir secara daring, sementara tiga negara hadir secara hybrid.

"Pemantauan penerapan protokol kesehatan yang ketat dimulai sejak delegasi tiba di Indonesia," tulis Kominfo dalam keterangannya pada Jumat (10/12).

Pemerintah memastikan, para delegasi yang hadir secara fisik harus sudah mendapatkan vaksin dosis penuh, menunjukkan hasil swab PCR negatif yang diambil dalam kurun waktu 3 X 24 jam, dan mengunduh aplikasi Peduli Lindungi.

"Pemerintah juga menyediakan jalur khusus untuk kedatangan delegasi G20 agar meminimalisir kontak fisik dengan para penumpang maupun petugas bandara di sepanjang jalur kedatangan umum," terangnya.

Selain itu, Pemerintah juga melakukan tes swab antigen setiap hari terhadap seluruh peserta pertemuan G20, dan menerapkan protokol bubble untuk mencegah penularan Covid-19.

"Berdasarkan hasil pemantauan 1st Sherpa Meeting dari tahap kedatangan hingga keberangkatan delegasi, sebanyak 644 tes telah dilaksanakan dengan seluruhnya menunjukkan hasil negatif," jelas Kominfo.

Ditegaskan, pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo saat memberikan pengantar rapat terbatas mengenai evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang disiarkan pada akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/11).

Presiden Joko Widodo mengharapkan pengawalan yang ketat oleh Satgas Covid-19 terhadap para delegasi saat di Indonesia, baik di bandara, venue, maupun hotel. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA