Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Koopssus TNI dan Pasukan Khusus Amerika Lumpuhkan "Teroris" di Bandara Blimbing Sari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Sabtu, 09 September 2023, 08:16 WIB
Koopssus TNI dan Pasukan Khusus Amerika Lumpuhkan "Teroris" di Bandara Blimbing Sari
Latgabma Super Garuda Shield Special Operation Forces di Bandara Blimbing Sari Banyuwangi, Jawa Timur/Ist
rmol news logo Full Mission Profile (FMP) menjadi salah satu jenis latihan yang diasah pasukan khusus TNI pada puncak Latihan Bersama Military to Military (M2MC) dalam Latgabma Super Garuda Shield Special Operation Forces tahun 2023 di Bandara Blimbing Sari Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (8/9).

Dalam skenario latihan, disimulasikan teroris telah menguasai Bandara Blimbing Sari.

Dengan melaksanakan teknik infiltarasi military free fall menggunakan helikopter jenis Black Hawk, Special Forces Unit mendarat di dropping zone, selanjutnya melaksanakan serbuan ke target sasaran secara cepat dan rahasia untuk melumpuhkan teroris dengan teknik close quarter battle (CQB).

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono berharap, latihan tersebut memberikan dampak positif dalam peningkatan interoperability TNI dan US Indopacom dalam kapasitas merencanakan operasi gabungan bersama.

Special Operation Forces (SOF) yang terlibat dalam Latgabma M2MC antara lain, Koopsssus TNI yang terdiri dari Sat-81 Kopassus TNI AD, Denjaka TNI AL dan Sat Bravo 90 Kopasgat TNI AU bersama negara sahabat dari AS, Australia dan Kanada.

Sebelum melaksanakan puncak FMP, SOF telah melaksanakan latihan pendahuluan di Juanda Surabaya yang terdiri dari materi latihan terjun free fall, combat marksmanship, tactical combat casualty care (TCCC), close quarter battle (CQB), pengintaian dan pengenalan sniper, perencanaan misi, dan pemberian perintah operasi (OPORD).

Pelaksanaanya berlangsung selama 14 hari, dimulai tanggal 26 Agustus 2023 sampai dengan 8 September 2023.

Pada penutupan latihan bersama M2MC, Dankoopssus TNI Mayjen Joko P Putranto berharap latihan bilateral yang telah dilaksanakan dapat membuahkan hasil maksimal, memperkaya kemampuan pasukan, dan menjalin hubungan jangka panjang antar personel.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh personel, baik prajurit Koopssus TNI maupun pasukan operasi khusus Amerika dan negara sahabat atas komitmen dan dedikasi yang teguh terhadap penyelenggaraan latihan," kata Dankoopssus. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA