Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemarau Bikin 12 Wilayah di Jabar Berstatus Siaga Darurat Kekeringan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 03 September 2024, 06:09 WIB
Kemarau Bikin 12 Wilayah di Jabar Berstatus Siaga Darurat Kekeringan
Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin/RMOLJabar
rmol news logo Dampak kemarau panjang mulai dirasakan sejumlah wilayah di Jawa Barat. Setidaknya ada 12 wilayah yang kini berstatus siaga dan tanggap darurat kekeringan.

Adapun 12 wilayah itu meliputi Kabupaten Indramayu, Majalengka, Kota Bekasi, Kabupaten Kuningan, Kota Cirebon, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Karawang, Kota Depok, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Garut, serta Kabupaten Bekasi berstatus tanggap darurat.

“Yang utama kekeringan di Jabar dan sudah ada satu kabupaten yang tanggap darurat dan ada 12 kabupaten/kota yang siaga darurat termasuk provinsi,” ujar Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin, usai Rapat Pimpinan di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (2/9).

Bey menjelaskan, perubahan status siaga darurat agar mempermudah menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) apabila terjadi sesuatu. 

“Lebih ke penggunaan anggaran BTT, jadi kalau ada kekeringan segala macem lebih mudah untuk gunakan BTT,” jelasnya, dikutip RMOLJabar, Senin (2/9). 

Tak hanya itu, Bey mencatat, saat ini ada 17 kabupaten yang mengalami kebakaran lahan. Akan tetapi, Bey mengklaim angka kebakaran tahun ini lebih kecil dibanding tahun lalu. 

“Sudah, ada di 17 kabupaten/kota tapi secara umum jumlahnya lebih rendah dibanding tahun lalu, yakni mencakup 86,65 hektare lahan di total dari 17 kota/kabupaten,” tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA