Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Razia Uji Emisi Solusi Atasi Polusi Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Rabu, 24 Juli 2024, 08:44 WIB
Razia Uji Emisi Solusi Atasi Polusi Jakarta
Razia uji emisi/Ist
rmol news logo Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta diminta gencar menggelar razia uji emisi untuk menjaring kendaraan yang tak layak mengaspal di ruas jalan ibukota. 

Pasalnya, situs IQAir mencatat, Jakarta bertahan di posisi tiga sebagai kota berpolusi di Indonesia. Karena itu, perlu langkah optimal untuk membersihkan udara Jakarta.

“Perlu upaya-upaya untuk menekan polusi udara. Misalnya dengan cara langsung ke hilirnya, yakni uji emisi terhadap kendaraan-kendaraan yang memang sudah tak layak jalan," kata Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Ahmad Mardono dikutip Rabu (24/7).

Selain merazia kendaraan, Dinas LH juga diminta gencar mengampanyekan penggunaan sepeda sebagai alat mobilitas sehari-hari. Sebab, penggunaan sepeda pernah menjadi tren di Jakarta beberapa tahun lalu.

“Beberapa tahun lalu bersepeda itu jadi tren. Sekarang jalurnya sudah banyak disalahgunakan,” kata Mardono.

Selain itu, upaya pemulihan kualitas udara di Jakarta harus dilakukan dengan menyentuh akar permasalahan. Sehingga efek pemulihan jangka panjang untuk melahirkan budaya mobilitas baru di masyarakat.

“Sekarang yang sedang dikerjakan Dinas Lingkungan Hidup adalah SPKU (Stasiun Pemantauan Kualitas Udara). Padahal, masalah mendasarnya adalah kalau kita mau mengurangi polusi dan pencemaran udara, ya penyelesaiannya harus sentuh akar masalahnya,” demikian Mardono.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA