Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airlangga: Hilirisasi Selamatkan 60 Ton Emas Per Tahun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 24 Juli 2024, 11:02 WIB
Airlangga: Hilirisasi Selamatkan 60 Ton Emas Per Tahun
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Dok Kemenko Perekonomian
rmol news logo Hilirisasi smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik diyakini bisa menyelamatkan hilangnya emas 60 ton per tahun sejak investasi di tahun 1967.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengurai, investasi penanaman modal asing (PMA) pertama dilakukan di tahun 1967 dengan nilai produksi 60 ton emas setiap tahun. Namun di tahun 2024 ini, Indonesia baru mampu melakukan hilirisasi hingga membuat emas sendiri.

"Bayangkan, kita sudah kehilangan emas 60 ton dari tahun 1967 sampai tahun 2024," kata Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/7).

Maka dari itu, hilirisasi diharapkan bisa menyelamatkan puluhan ton emas Indonesia yang sebelumnya diproduksi oleh pihak asing. 

"Nilai 60 ton itu sekitar 4,5 miliar Dolar AS, ini sesuatu yang sangat luar biasa. Dengan kebijakan yang ada sekarang (hilirisasi), ini terus didorong," kata Ketua Umum Partai Golkar ini.

Secara keseluruhan, hilirisasi smelter PTFI di Gresik merupakan langkah besar optimalisasi potensi SDA Indonesia, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Ini adalah the single largest daripada refinery di Gresik. Investasi Rp58 triliun atau 3,7 miliar Dolar AS diselesaikan secara on time," pungkas Airlangga. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA