Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Emil Dardak Dorong Zilenial Perkuat Skill

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Senin, 12 Februari 2024, 01:09 WIB
Emil Dardak Dorong Zilenial Perkuat <i>Skill</i>
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak/Ist
rmol news logo Partisipasi Bermakna menyelenggarakan program Diskusi Bermakna dengan tema ‘Inspirasi Muda, Aksi Nyata: Peran Anak Muda Untuk Menguatkan Ekonomi Kreatif, Merawat Lingkungan, dan Menumbuhkan Diversity’ bersama Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, di Warung WOW, Jakarta Selatan, akhir pekan ini.

Kegiatan diskusi dimoderatori Kharisma Bintang Alghazy, Koordinator Harian Partisipasi Bermakna. Diskusi tersebut dihadiri 200 anak-anak muda dan mahasiswa.

Dalam forum tersebut, Emil menegaskan bahwa generasi zilenial gabungan 2 generasi muda: gen-Z dan milenial agar terus meningkatkan dan memperkuat skill untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks, serta didorong penuh oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat.

“Dengan semakin cepat dan pesatnya perkembangan zaman saat ini, jika tidak diimbangi dengan kemampuan atau skill yang mumpuni, maka kita akan tertinggal jauh,” kata Emil yang juga mantan Bupati Trenggalek itu dikutip Senin (12/2).

Emil menambahkan, selain skill, para generasi muda perlu meningkatkan kreativitas agar dapat terus berkreasi demi kemajuan bangsa. Maka itu, ia berharap forum-forum diskusi yang inovatif bisa terus didorong dan juga diwarnai oleh zilenial, khususnya dalam mengembangkan potensi UMKM yang masih besar di Indonesia.

“Inilah pentingnya forum-forum seperti Dialog Bermakna ini, inilah investasi kita untuk memikirkan masa depan,” kata Emil.

Lebih lanjut, Emil juga memaparkan betapa pentingnya pengelolaan talenta anak-anak muda agar dapat terserap dengan optimal. Ia memberi contoh milennial job center yang ia buka di Jawa Timur, yang berhasil mengembangkan potensi kreativitas dan upgrade skill yang nantinya dapat bermanfaat bagi pertumbuhan UMKM.

Menurut Emil, nantinya ini dapat dikaitkan dengan program penyaluran kredit yang didorong pemerintah.

“Pemerintah mendorong Rp460 triliun untuk kredit usaha rakyat (KUR) supaya finance itu lebih banyak di akses oleh UMKM,” kata Emil.

Di sisi lain, kehadiran dan pemaparan Emil sangat diapresiasi oleh Partisipasi Bermakna.

Koordinator Nasional Partisipasi Bermakna, Muhammad Adnan menilai bahwa semangat yang dimiliki Emil dalam kiprahnya menjadi Wakil Gubernur telah membuka mata soal bagaimana generasi muda mampu menavigasi tantangan zaman.

“Mas Emil merupakan sosok yang selaras dengan jiwa Partisipasi Bermakna. Kami ingin bagaimana anak-anak muda mampu menjadi bagian dari pembuatan kebijakan publik yang nantinya dapat dirasakan luas tak hanya bagi yang muda namun seluruh kalangan,” kata Adnan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA