Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Heru Gencarkan Jual Sembako Murah, Hari Ini di 44 Lokasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Rabu, 07 Februari 2024, 10:59 WIB
Heru Gencarkan Jual Sembako Murah, Hari Ini di 44 Lokasi
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau pelaksanaan Sembako Murah di Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur/Ist
rmol news logo Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengencarkan program Sembako Murah yang digelar di seluruh Kota Administrasi di Jakarta. Sejak kali pertama digelar pada 15 Januari 2024 di Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur, Sembako Murah telah dilaksanakan di 59 lokasi dengan total mitra kerja sama sebanyak 34 perusahaan.

Hari ini Sembako Murah digelar secara serentak di 44 kecamatan di DKI Jakarta bersama 26 mitra, dengan menyediakan 42 ribu paket sembako. Heru meninjau pelaksanaan Sembako Murah di Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur, dan Kelurahan Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat.

Heru mengatakan, sinergi tersebut menunjukkan penyediaan pangan dengan harga terjangkau dan mutu yang baik bagi warga Jakarta tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, namun juga melibatkan stakeholder. Ia berharap, lebih banyak stakeholder yang terlibat untuk menjamin ketersediaan stok sembako.

"Dengan semakin banyak pihak yang mendukung kegiatan ini, diharapkan kegiatan dapat terus berlanjut dengan jenis pangan yang lebih bervariasi. Ini juga memberikan keyakinan kepada masyarakat, bahwa kami menjamin ketersediaan stok pangan dalam jumlah cukup, mudah diakses, dan harganya terjangkau," kata Heru, Rabu (7/2).

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati mengungkapkan, Sembako Murah juga merupakan upaya untuk menjaga inflasi agar tetap stabil.

”Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai inflasi Jakarta bulan Januari 2024 sebesar 1,83 year on year/yoy. Angka tersebut di bawah nilai inflasi nasional yaitu sebesar 2,57 (yoy),”  kata Suharini.

Dalam kegiatan Sembako Murah, warga dapat membeli paket sembako terdiri dari 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, 1 kg gula pasir, dan 1 kg tepung terigu seharga Rp100 ribu.

Sementara harga di pasaran dengan komoditas yang sama bisa mencapai Rp135 ribu. Selisih harga sembako dengan harga pasaran disubsidi oleh Pemprov DKI Jakarta dan perusahaan mitra kerja sama.

Paket sembako seharga Rp100 ribu tersebut sejak 15 Januari 2024 hingga kini telah terjual sebanyak 65.742 paket. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA