Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Total Korban Gempa Bumi Jepang Capai 30 Orang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 02 Januari 2024, 14:50 WIB
Total Korban Gempa Bumi Jepang Capai 30 Orang
Foto udara menunjukkan gedung-gedung terbakar di kota Wajima, prefektur Ishikawa setelah gempa besar melanda wilayah Noto Jepang pada Senin, 1 Januari 2023/Net
rmol news logo Jumlah korban jiwa akibat gempa bumi dahsyat yang melanda Jepang di awal tahun baru 2024, dilaporkan telah meningkat hingga 30 orang.

Pihak berwenang Prefektur Ishikawa pada Selasa (2/1) membenarkan jumlah tersebut. Setengah dari korban berada di kota Wajima, yang terdampak gempa paling parah.

Hingga kini, tim penyelamat berusaha menjangkau di daerah-daerah terpencil di mana bangunan-bangunan telah roboh, jalan-jalan rusak dan listrik padam akibat gempa.

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, dalam sebuah pertemuan darurat menjelaskan bagaimana kesulitan tim penyelamat mencapai ujung utara semenanjung Noto karena jalan-jalan yang rusak dan berdasarkan pantauan helikopter, terdapat banyak kebakaran pada bangunan dan infrastruktur.

"Pencarian dan penyelamatan mereka yang terkena dampak gempa adalah perjuangan melawan waktu,” kata Kishida, seperti dimuat Reuters.

Petugas pemadam kebakaran telah berjuang memadamkan api di beberapa kota dan berusaha menyelamatkan lebih banyak orang yang terperangkap di gedung-gedung yang runtuh.

Badan Meteorologi Jepang mendeteksi lebih dari 140 guncangan setelah gempa dahsyat pertama berkekuatan 7,6 magnitudo yang melanda Noto, Ishikawa. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA