Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Li Qiang: China-Uni Eropa Harus Bersatu untuk Melawan Ketidakpastian Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 10 September 2023, 12:08 WIB
PM Li Qiang: China-Uni Eropa Harus Bersatu untuk Melawan Ketidakpastian Global
Perdana Menteri China Li Qiang/Net
rmol news logo China dan Uni Eropa harus bersatu dan bekerja sama melawan ketidakpastian global.

Begitu yang dikatakan oleh Perdana Menteri China Li Qiang kepada Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen di sela-sela KTT G20 di New Delhi, India pada Sabtu (9/9).

Seruan Li muncul ketika Uni Eropa semakin waspada terhadap risiko keterlibatan China, yang ditetapkan sebagai mitra, pesaing, dan saingan sistemik sejak 2019.

“Pencegahan risiko tidak menghalangi kerja sama, saling ketergantungan tidak boleh disamakan dengan ketidakamanan,” kata Li, seperti dimuat Channel News Asia.

Li mendesak blok tersebut untuk menyediakan lingkungan yang non-diskriminatif bagi perusahaan-perusahaan China. Ia menambahkan bahwa China bersedia memperkuat dialog dan kerja sama di bidang-bidang seperti energi bersih dan keuangan ramah lingkungan.

“China dan Uni Eropa harus lebih bersatu dan bekerja sama, dan menggunakan stabilitas hubungan China-Uni Eropa sebagai lindung nilai terhadap ketidakpastian situasi dunia,” lanjut Li.

Presiden China Xi Jinping tidak menghadiri pertemuan puncak tersebut.

Pada bulan Juni, Uni Eropa mengadopsi strategi “derisking” untuk mengelola ketergantungannya pada China, yang merupakan negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA