Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PBB Dukung Penuh Keanggotaan Uni Afrika dalam G20

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 07 September 2023, 18:57 WIB
PBB Dukung Penuh Keanggotaan Uni Afrika dalam G20
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres saat melakukan konferensi pers di Media Center KTT ASEAN di Jakarta Convention Center, Senayan, pada Kamis, 7 September 2023/RMOL
rmol news logo Keanggotaan permanen yang didapatkan Uni Afrika di G20 mendapat dukungan kuat dari Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Antonio Guterres.

Menurut Guterres, sejauh ini Afrika memiliki masalah yang serius dalam hal keterwakilan di lembaga-lembaga internasional.

Hal tersebut dikarenakan saat lembaga internasional terbentuk, benua Afrika hanya memiliki sedikit negara yang merdeka, dengan sebagian besar dari mereka masih berada di bawah rezim kolonial.

“Jadi, Afrika adalah korban ganda dari kolonialisme, dari kolonialisme itu sendiri dan fakta bahwa ketika PBB dibentuk, sistem Bretton Woods (pemulihan ekonomi pasca perang) diciptakan, negara-negara Afrika tidak ada di sana,” jelas Guterres.

Untuk itu, Sekjen PBB tersebut mengaku senang dan mendukung penuh keanggotaan Uni Afrika di G20, dengan keketuaan yang saat ini dipegang oleh India.

“Tentunya saya sangat senang melihat Uni Afrika menjadi anggota G20,” ujarnya.

Saat ini, Sekjen PBB itu juga tengah mendorong kehadiran Uni Afrika sebagai anggota tetap Dewan Keamanan, serta menyerukan pentingnya reformasi sistem Bretton Woods agar Afrika memiliki partisipasi yang lebih kuat di lembaga-lembaga internasional. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA