Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadapi Ancaman China dan Rusia, NATO akan Buka Kantor di Jepang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 04 Mei 2023, 07:56 WIB
Hadapi Ancaman China dan Rusia, NATO akan Buka Kantor di Jepang
NATO/Net
rmol news logo Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) berencana melebarkan sayapnya dengan membuka kantor penghubung di Jepang. Kantor pertama NATO di Asia ini ditujukan untuk memfasilitasi konsultasi di kawasan Indo-Pasifik.

Rencana pembukaan kantor tersebut diungkap dalam laporan Nikkei Asia pada Rabu (3/5) dengan mengutip pejabat Jepang dan NATO.

Disebutkan, kantor penghubung akan memungkinkan diskusi dengan mitra keamanan NATO, seperti Korea Selatan, Australia dan Selandia Baru, dengan mempertimbangkan tantangan geopolitik dari China dan Rusia.

Menurut Nikke Asia, kantor tersebut akan dibuka di Tokyo pada tahun depan. Adapun rincian mengenai apakah Jepang akan menyediakan ruang atau NATO akan mendanainya sedang dalam negosiasi.

NATO sendiri memiliki kantor penghubung serupa di New York, Wina, Ukraina, dan tempat lain.

Pada Januari tahun ini, Kepala NATO Jens Stoltenberg mengunjungi Jepang dan berjanji kepada Perdana Menteri Fumio Kishida untuk memperkuat hubungan dalam menghadapi tantangan keamanan bersejarah, mengutip invasi Rusia ke Ukraina dan meningkatnya kekuatan militer China.

Jepang dan NATO berusaha untuk memperdalam kerja sama dalam ancaman dunia maya, teknologi yang mengganggu, dan disinformasi, yang bertujuan untuk menandatangani program kemitraan yang disesuaikan secara individual sebelum pertemuan puncak NATO pada bulan Juli mendatang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA