Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sudan Masih Bergejolak, KBRI Khartoum Imbau WNI Tetap Tenang dan Waspada

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 17 April 2023, 19:30 WIB
Sudan Masih Bergejolak, KBRI Khartoum Imbau WNI Tetap Tenang dan Waspada
Asap tebal mengepul di atas gedung-gedung di sekitar Khartoum, Sudan tempat terjadinya bentrok antara pasukan junta dan paramiliter RSF pada Minggu, 16 April 2023/Net
rmol news logo Memasuki hari kedua, Sudan masih bergejolak. Bentrokan bersenjata antara tentara dan kelompok paramiliter Rapid Support Forces (RSF) Sudan belum usai.

Menurut keterangan Kedutaan Besar RI Khartoum pada Senin (17/4), area pertempuran meluas dan mencapai berbagai area dekat penduduk, termasuk di antaranya warga Indonesia yang ada di sana.

"Konflik senjata semakin meluas dan sering terjadi, terutama di sekitar titik titik rawan pertempuran antara lain sekitar Universitas Islam Afrika (IUA), Wisma Duta, sekitar Bandara, Arkaweet, Al Riyadh dan luar ibukota," bunyi pernyataan KBRI Khartoum yang diterima redaksi.

Perluasan wilayah konflik militer telah menyebabkan minimnya pasokan listrik, logistik, air, hingga transportasi yang menghambat mobilitas dan pergerakan.

Merespons kondisi tersebut, KBRI Khartoum kembali mengimbau WNI di Sudan untuk tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan terhadap segala perubahan situasi yang ada.

"Tetap tenang dan selalu berhati-hati, tetap tinggal di rumah dan menjauhi jendela, meningkatkan saling komunikasi, dapat berkumpul bersama di titik-titik aman, tidak berkeliaran, menyiapkan dokumen paspor dan beberapa barang keperluan pribadi dalam satu tas atau ransel," tambah KBRI.

Hingga kini, KBRI Khartoum tengah berupaya untuk menyalurkan bantuan logistik dan pergerakan ke titik-titik aman bersama unsur elemen masyarakat WNI.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA