Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mali Diserbu Kelompok Bersenjata, Warga Sipil Jadi Korban

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 04 Januari 2023, 19:42 WIB
Mali Diserbu Kelompok Bersenjata, Warga Sipil Jadi Korban
Petugas Keamanan Mali/Net
rmol news logo Kelompok bersenjata di Mali kembali berulah. Serangan kali ini telah menewaskan dua petugas kebakaran dan tiga warga sipil.

Serangan kelompok bersenjata ini terjadi di pos perlindungan warga sipil Markacoungo di Jalan Bamako-Segou pada Senin (2/1) sekitar pukul 21.00 waktu setempat.

Wakil Direktur Jenderal Perlindungan Sipil Mali, Dramane Diallo mengatakan dua petugas yang tewas itu teridentifikasi sebagai Kepala Sersan Pemadam Kebakaran Idrissa Dembele dan petugas pemadam kebakaran Tieba Coulibaly.

"Upacara militer dan pemakaman untuk dua anggota militer dijadwalkan pada Rabu (4/1)," ujarnya, seperti dikutip AFP.

Hingga kini, kata Dramane, pihaknya tengah berupaya untuk menyelidiki pelaku penyerangan untuk dimintai pertanggungjawaban.

"Semua langkah diambil oleh Pasukan Pertahanan dan Keamanan untuk mencari, mengidentifikasi dan menangkap para pelaku tindakan tercela ini," tegasnya.

Dramane juga meminta agar seluruh penduduk dapat bekerjasama dengan Pasukan Pertahanan dan Keamanan untuk menangkap pelaku.

Bersama dengan Nigeria dan Burkina Faso, Mali merupakan negara Afrika yang tengah berjuang melawan pemberotakan jihadis. Ribuan warga sipil, tentara dan polisi tewas dan lebih dari dua juta orang meninggalkan rumah mereka akibat kekerasan para militan tersebut.

Sejak 2020 lalu, Mali berada di bawah kekuasaan junta militer dan dikabarkan tengah melibatkan tentara bayaran Wagner asal Rusia untuk membantunya melawan kejahatan jihadis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA