Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Segini yang Sudah Digelontorkan Kemenkeu untuk Bangun IKN, Tahun Depan akan Lebih Besar Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 03 Januari 2024, 09:02 WIB
Segini yang Sudah Digelontorkan Kemenkeu untuk Bangun IKN, Tahun Depan akan Lebih Besar Lagi
Ibu Kota Nusantara/Net
rmol news logo Realisasi anggaran pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah digelontorkan sebesar Rp26,7 triliun atau 97,6 persen dari yang dianggarkan, yaitu Rp27,4 triliun.

"Dari 2022 kita sudah belanja Rp5,5 triliun untuk IKN, 2023 naik cukup besar Rp26,7 triliun, dan tahun depan lebih besar lagi Rp40,6 triliun, terutama untuk basic infrastruktur dan sampai IKN-nya terbangun," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam konferensi pers Kinerja dan Realisasi APBN 2023, pada Selasa (2/1).

Dalam laporannya, Sri merinci realisasi anggaran pembangunan sebesar Rp23,8 triliun digunakan untuk infrastruktur di IKN, seperti kompleks istana, gedung pemerintah pusat, tower rumah susun untuk ASN, pembangunan jalan tol, serta bendungan Sepaku-Semoi untuk air bersih dan penanganan banjir.

Sementara sisanya, sebesar Rp2,9 triliun digunakan untuk anggaran non-infrastruktur, seperti untuk koordinasi perencanaan pemindahan IKN, rekomendasi kebijakan dukungan pengamanan untuk polisi dan operasional Otoritas IKN.

Saat ini, pemerintah terus menggencarkan pembangunan IKN untuk mengejar target Presiden Joko Widodo yang menginginkan upacara bendera di ibu kota baru itu pada 2o24.

Sebanyak 3.246 ASN akan segera dipindahkan ke wilayah tersebut dengan pemindahan yang dilakukan secara bertahap mulai dari Juli hingga November 2024 mendatang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA