Kementerian Informasi dan Telekomunikasi menempatkan Facebook sebagai layanan media sosial terbesar di Indonesia. Data Facebook menyebutkan, pada kuartal pertama 2016, pengguna aktifnya di Indonesia sebanyak 82 juta lebih.
Besarnya pengguna Facebook mendorong banyak orang menghasilkan peluang usaha secara online. Di antaranya tampak dari semakin berkembang pelatihan atau seminar bertema Facebook Marketing. Salah satunya adalah sesi seminar Crack Retargeting Funnel yang diselenggarakan Redience.com di Gedung Creative Centre, Puri Indah, Jakarta (Minggu, 14/8).
Redience merupakan aplikasi karya anak bangsa yang memudahkan para pebisnis online menjalankan berbagai teknik pemasaran di Facebook. Seminar Facebook marketing dibawakan oleh Founder Redience, Iqbal Maulana dan Army Alghifari. Dua internet marketer itu berbagi kisah sukses serta berbagai studi kasus mengenai pemasaran melalui media sosial Facebook.
Seminar yang dihadiri lebih dari 100 pebisnis ini diselenggarakan sebagai misi kelanjutan untuk mengedukasi para pebisnis online, profesional, maupun pengusaha yang baru merambah dunia digital agar lebih berkembang.
Founder Redience Iqbal Maulana menjelaskan tentang konsep Retargeting and Pixel, sebuah fitur pemasaran Facebook.
"Dengan menggunakan teknologi pixel, anda dapat mengumpulkan target market sebagai 'custom audience,' sebagai bahan untuk menganalisa, serta menjadi alat ukur untuk mengetahui tingkat konversi dan biaya yang lebih hemat, jika dibandingkan dengan metode pemasaran konvensional," katanya kepada wartawan.
Sementara, Army Alghifari menambahkan, dalam internet marketing, manajemen data merupakan hal yang penting.
"Karena dalam Facebook marketing tidak ada asumsi, segala hal dalam mengambil keputusan pada kampanye selanjutnya ditentukan dari kumpulan data," jelasnya.
[wah]
BERITA TERKAIT: